Tips untuk Mulai Menabung ala nunik99

Beberapa waktu yang lalu, di twitter saya membaca status seorang temen yang baru saja membeli celengan, untuk diisi dan dibongkar ketika hari ulang tahun, untuk traktir mamanya. Kemudian terbersit ide untuk membagi cara mudah untuk mulai menabung.

Sebelumnya saya sempat menulis mengenai tidak ada alasan untuk tidak menabung dan cara mudah untuk menabung. Tapi mungkin masih terlalu ribet ya, jadi mari dipermudah saja. Hal ini sebenarnya sudah saya lakukan sejak kuliah dan yang tanpa sadar, kebiasaan itu masih terbawa sampai sekarang.

Karena dimulai di jaman kuliah, jadinya waktu itu saya bermodalkan celengan atau wadah apapun yang bisa menampung rupiah demi rupiah dari uang saku yang dikirimkan mami setiap bulannya.

Celengan Uang Kertas.

Jadi begini, saya adalah anak yang sangat boros, sejak jaman kuliah pengennya beli macem-macem dengan harga yang tidak murah. Dengan uang saku pas2an, gimana caranya biar bisa beli? Secara kalau minta, gak bakalan dikasih sama mami 😆 karena kami dikirim ke Jogja hanya untuk menuntut ilmu, segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan kuliah gampang banget mintanya, kalau mau belanja2? SUSAH 😆 biasanya saya tunggu beliau datang ke jogja. Cuma namanya juga anak muda dengan hasrat yang menggebu ya,  apalagi kalo udah pengen sesuatu, pokoknya harus dapet gimanapun caranya :lol:. Satu-satunya cara adalah nabung TAPI GIMANA MAU NABUNG KALO DUIT JAJANNYA AJA TERBATAS.

Inilah awalnya saya mulai memaksakan diri. Minimal 1 minggu sekali, saya harus menyisihkan uang jajan seribu atau duaribu, pernah malah sampe sepuluh ribu hehehehe Yanamanya juga jaman segitu yaa, duit seribu duaribu itu macam duit sepuluhribu duapuluh ribu jadi berharga banget  dan saya simpan di kaleng khong guan. (((KALENG KHONG GUAN)))

Hasilnya lumayan tuh buat beli kemeja atau celana jeans baru beberapa bulan kemudian :lol:. Rasanya gimana? Gak usah ditanya 😆 pastinya priceless dan  seneng banget,  bisa beli sesuatu dari hasil tabungan sendiri, dari hasil mengencangkan ikat pinggang.

Celengan Uang Logam.

Setelah uang kertas, terkadang di saku ada uang logam. Awalnya uang logam itu saya masukkan laci di lemari, buat uang parkir motor :lol:. Lama-lama kok lacinya penuh yaa dengan uang logam, terus saya belilah celengan Hello Kitty ini yang pertama kali lihat di etalase dan langsung jatuh cinta 😆

Lumayan lhoo si Hello Kitty ini, sekali tebok duitnya bisa 200-300 ribu dan masih ada nih di meja kerja sampe sekarang. Karena semua barang jaman kuliah itu punya histori tersendiri jadi masih ada sampe sekarang. EH rumah masih ada gantungan boneka Winnie The Pooh yang dibeli sejak jaman SMA dan masih bagus 😆 😆

Kedua celengan tersebut terkesan sepele, tapi percayalah ke depan akan memberikan manfaat yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah kebiasaan untuk menyisihkan uang belanja. Dan bahwa menabung itu tidak perlu dimulai dengan nominal yang sangat besar, tidak perlu disimpan di Bank. Simpen aja dulu di celengan, nanti kalau udah banyak, baru pindahin ke Bank. Karena apa? Karena tidak semua dari kita mempunyai penghasilan yang besar tapi tetap saja itu bukan alasan.

Dari kebiasaan itulah kenapa saya selalu bilang ke teman-teman yang mengeluh tidak bisa menabung bahwa “itu karena kalian aja yang tidak mau, karena menabung itu tidak harus dalam jumlah besar dan di bank, bisa dimulai dari celengan” MAAB YAAAA 😆 tapi coba pikir deh, bener ga?

Celengan juga ndak perlu yang bagus atau mahal-mahal, bisa pake kaleng bekas biskuit, kotak laci atau apapunlah yang tidak perlu mengeluarkan uang untuk beli karena memang sudah ada. Kecuali kalau iseng pengen beli ya ndak apa juga, buat penyemangat. Karena saya ngerasain sendiri ketika beli celengan Hello Kitty ini, jadi bela2in untuk masukkan duit dibelakang kepalanya biar ada bunyinya 😆 Jadi setiap ada koin masuk, ada musiknya gtu, tapi sekarang udah ndak bunyi lagi, males ganti batrenya 😆

ki-ka: celengan Hello Kitty, Galon mini bekas air zam-zam, celengan untuk coin a chance

ki-ka: celengan Hello Kitty, Galon mini bekas air zam-zam, celengan untuk coin a chance

Pola menabung yang sederhana itu sangat membantu saya bisa punya apapun yang saya mau, bahwa saya tidak boleh terus menerus minta ke mami untuk beliin sesuatu, selain itu juga membentuk kebiasaan untuk menyisihkan uang sampai sekarang.

Nah, kalau dulu celengan uang kertas dan ulang logam akhirnya ditebok untuk beli apapun yang saya mau/saya target, sekarang tabungan hanya terbatas di uang logam, yang nantinya setelah semua celengan saya penuh, akan saya serahkan ke teman-teman coin a chance untuk diolah sama mereka untuk membantu anak-anak yang tidak mampu.

Uang kertas sudah tidak tabung lagi karena sejak mobil saya dijual, kemana-mana menggunakan transportasi online atau metromini, jadi uang kertas seribu duaribu itu sangat berarti :lol:. LHO TERUS SEKARANG NUNIK NDAK NABUNG?? Nah kalo ini, nanti dibahas ditulisan terpisah ya, yang penting nabung dulu

Mengenai mau dipake untuk apa, nanti aja dipikir yang jelas mulai aja celengannya diisi.. Jangan diambil yaa, biar kata untuk beli makan atau apapun, J A N G A N 😆  Dipisah antara logam dan kertas atau disatukan, terserah aja yang penting nabung. You’ll thank me later 😀

 

4 thoughts on “Tips untuk Mulai Menabung ala nunik99

    • nunik99 says:

      ooh ndak apa, lebih bagus malah,,, tapi kalo mau ditengok sedikit, nabung dicelengan itu melatih mental lho, mental untuk konsisten dengan diri sendiri hehehehe

Leave a Reply

