Kamu NgeBlog Untuk Apa?

Nah ini :lol:.

Bicara blog, yang selalu saya ingat adalah kalimat dari Paman Tyo, seorang lelaki sederhana yang sudah malang melintang di dunia blog sejak jaman dahulu kala dengan kebisaan menyampaikan segala sesuatu dengan sangat luar biasa. Termasuk ketika bermaksud menyindir sesuatu, halus beneeeerrrrr :lol:. Apakah kemudian hal tersebut menjadikan beliau sebagai seleb blog? Jawabannya adalah tidak 😆 tapi sebagai blogger lama, tulisan-tulisan beliau plus kepiawaian beliau membuat infografik menjadi acuan saya dalam menulis. Kepribadian beliau yang sangat sederhana, menjadi panutan saya. Perhatian beliau untuk hal yang sangat kecil, mengajarkan saya untuk menjadi seseorang yang sangat sensitif dalam memperhatikan banyak hal. Petuah-petuah beliau yang biasanya diselingi dengan guyonan menjadi kompas saya dalam menjalani hidup. Lebay? Ya harus 😆 secara saya ini ya hasil didikan beliau yang mungkin beliau sendiri tidak menyadari.

Siapapun kamu, apapun backgroundmu selama punya blog ya kamu sudah jadi blogger. Masalah sering update atau tidak, itu urusan belakang – pamantyo

Itu adalah kalimat yang sampai hari ini melekat di kepala. Saya lupa kalimat ini terucap ketika membicarakan apa, kapan, dan di mana, yang jelas ini menjadi acuan ketika baru menginjakkan kaki di dunia blog tahun 2009 – 2010. Blogger abal-abal, butiran debus diantara blogger handal, ndak pede nan malu-malu ketika ketemu seleb blog dsbnya, kalimat paman pada waktu itu bagaikan setitik air di tengah gurun, seddep benerrrrr :lol:. Mental saya terbentuk

Pada awalnya, blog buat saya murni untuk curhat :lol:, ini pas baca lagi tulisan-tulisan lama, kok merasa jijique 😆 😆 . Makin ke sini, blog saya isinya dokumentasi dari apa yang saya lakukan. Dari menghadiri undangan, jalan-jalan, makan, olahraga, curhat mengenai hidup dsbnya.

Saya pernah beberapa kali menerima tawaran untuk tulisan berbayar, tapi akhirnya saya sadar bahwa pada waktu itu saya belum siap. Karena ketika ada tanggung jawab lebih, saya malah tidak bisa ‘lepas’ dalam menulis, malah menjadi sangat kaku dan tulisannya tidak mengalir, hard banget lah :lol:. Akhirnya hampir 1 tahun memutuskan untuk berhenti menerima tawaran yang berbayar sampai saya siap.

Adalah beban yang sangat berat ketika saya tidak bisa menunaikan kewajiban terhadap client, baik itu dari sisi tulisan, cara menyampaikan pesan, pencapaian target dsbnya. Adalah beban berat ketika pembaca blog ini malah menjadi tidak nyaman karena kesalahan saya yang tidak bisa membuat tulisan dengan indah meskipun berbayar. Dan saya akan menjadi orang yang sangat jahat jika cuma asal menerima tawaran tapi tidak bisa memberikan hasil yang memuaskan, saya tau diri kalau saya saat ini belum mampu.

Jadi kamu ngeblog buat apa nik? Untuk mendokumentasikan semua hal yang saya alami, saya lakukan,  dan saya rasakan, udah sesimple itu. Kalau pada akhirnya tulisan yang saya share bermanfaat untuk orang lain, Alhamdulillah.

Kalaupun teman jadi nambah, diundang berbagai acara, ketemu orang hebat  dsbya itu adalah bonus 😆

Kalau kamu?

14 thoughts on “Kamu NgeBlog Untuk Apa?

  1. Dita says:

    ngeblog untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan, sedikit curhat, dan banyak narsis 😀 alhamdulillah dengan ngeblog bisa nambah banyak temen, banyak ilmu dan bonus rejeki

  2. adelinatampubolon says:

    Nge blog utk dapat iklan, whatttt??? Secara nga ada iklan yg nyangkut.

    Sebenarnya ini pertanyaan yg masih abu2 buat ku mbak. Karena dr awal aku sama sekali nga punya bayangan akan apa itu blog. Tapi setelah berkecimpung di dunia ini aku ditantang untuk keluar dari zona nyamanku. Membagi sesuatu yg tadinya hanya aku bisa simpan sendiri. Hehehw jadi curcol dech.

    • nunik99 says:

      tapi bener banget mbak, karena gak semua hal kita nyaman untuk diketahui orang, iya kan? jadinya keluar dari zona nyaman.

      sekarang memang banyak brand yang engage dengan blogger mbak, untuk menulis review dsbnya. terus affiliate dengan beberapa pihak yang semuanya bisa mendatangkan penghasilan.. lumayan kan kalau sekali nulis bisa mengantongi rupiah hihihihhi atau kalau banyak yang klik link affiliate yang kita sebar/tulis, sedikit2 rupiah akan terkumpul dari sana ehehehe

  3. Rini Astuti Handayani says:

    Aku ngeblog buat curhat aja, Mba. *eh

    Tapi aku kadang suka lucu kalo ngelihat tulisan jaman dulu banget. Rasanya kok bisa ya dulu nulis alay gitu.
    wkwkwkkw.

    Tapi sebenarnya dari tulisan ajaib aneh itu banyak belajar untuk lebih bagus lagi, Mba. Jadi sekarang ngeblog ya teteup untuk curhat. *eh lagi.

    • nunik99 says:

      hahahaha blog akan selalu jadi tempat curhat, mau seperti apapun bentuknya yaaa dan mbak bersyukur karena sudah terjun ke dunia menulis ini trs jadi kenal banyak orang termasuk ndue :*

  4. Haya Aliya Zaki says:

    Aku awalnya dari menulis, Mba. Menulis untuk berbagi info dan menuangkan “kegelisahan”. Salah satu contoh kegelisahan, ada seorang guru yang melarang muridnya main masak-masakan, aku langsung “terusik”. Aku harus menulis bahwa itu tidak benar. Aku bikin cerpen anak dengan tokoh kakak laki-laki yang menjadi koki cilik. Blog adalah salah satu media untukku menulis. Kalau sekarang malah dapat penghasilan ina inu, ketemu orang keren beken, atau diundang ke berbagai acara karena ngeblog, memang semuanya adalah bonus, seperti yang Mba Nunik bilang.

    • nunik99 says:

      kalau dipikir2, kekuatan menulis itu memang dahsyat ya mbak dan saya beruntung ada di lingkaran orang2 tetap humble walopun jadi keren plus penghasilan banyak dari hasil blog, berasa bener bloggernya hihihihi termasuk mbak haya, mbak ani, mbak shinta dan beberapa temen lain..

      tapi mbak haya ini termasuk berani speak out loud via tulisan yaaa, aku bangga kenal mbak haya :*

Leave a Reply

