Ramah Tamah Dengan Ibu Nila Moeloek

Untuk kedua kali saya hanya berjarak 5 langkah saja dengan seorang Menteri, Ibu Menteri Kesehatan tepatnya. Pertama kali di Obsat bareng Nusantara Sehat, yang kedua bareng teman-teman blogger dalam rangka ramah tamah #SahabatJKN.

photos by @musyarifah

photos by @musyarifah

Namun saya mendadak tergelitik  untuk mencari arti ramah tamah di KBBI, dan kalau disimpulkan adalah pertemuan (keluarga/sahabat) dalam suasana santai.

Source KBBI

Source KBBI

Pertemuan dengan ibu Nila Moeloek dan jajarannya  kemarin memang berlangsung sangat santai dan hangat, walaupun pada awalnya pada tegang :lol:. Pembawaan ibu Nila yang sangat humble dan lucu seketika mencairkan suasana, informasi yang disampaikan beliau dibawakan dengan sangat ringan walopun materinya tidak ringan :lol:. Tidak ada kesan sombong yang terpancar dari seorang Nila Djuwita Anfasa Moeloek, pun jajarannya.

https://twitter.com/anjarisme/status/629095268697272321 https://twitter.com/anjarisme/status/629098962939580416 https://twitter.com/nunik99/status/628814184529002496

Sesuai dengan judul diatas, pertemuan kemarin memang ramah tamah Menteri Kesehatan dengan kami, blogger #SahabatJKN. Sekumpulan penulis blog yang turut serta mensosialisasikan Jaminan Kesehatan Nasional, didukung oleh Departemen Kesehatan RI.

Disela-sela pertemuan, ibu Nila bercerita mengenai pertumbuhan penduduk Indonesia yang terus meningkat dan 45% berada di usia produktif. Di usia produktif ini, beliau berharap masyarakat ada di kondisi yang sehat sehingga bisa membantu masyarakat yang sudah tidak produktif lagi. Karena JKN merupakan program kesehatan secara gotong royong. Yang tidak mampu, membantu yang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak sehingga tidak ada lagi istilah “orang miskin tidak boleh sakit”.

Disinggung juga mengenai pernikahan dini yang menjadi salah satu penyebab peningkatan penduduk yang terus bertambah. Masih inget waktu jaman Soeharto, program KB melalui BKKBN bener-bener digalakkan, ternyata ya ini untuk mengantisipasi pertumbuhan penduduk yang sangat besar kedepannya.

Kembali ke JKN,  ternyata menurut data Kemenkes, penyakit yang paling banyak menyerap dana JKN adalah penyakit cardiovaskular, kemudian stroke, hypertensi, diabetes. Penyakit khas masyarakat perkotaan :lol:. Tapi ini fakta, jadi mungkin selagi masih produktif dan ada kesempatan, mari memperbaiki gaya hidup dan pola makan tapi yang paling penting adalah wajib menjadi bahagia. Karena sehat lebih nikmat daripada sakit walaupun nantinya akan tercover dana berobatnya oleh JKN *wink

Nah, mengenai MUI yang mengatakan bahwa BPJS Kesehatan itu haram, berikut sudah terjawab di sini

Bahwa JKN tidak haram karena merupakan program kesehatannya, namun pengelolaan yang dilakukan oleh BPJS sebagai badan penyelenggara JKN (jaminan kesehatan nasional) ini yang masih harus dibenahi karena ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan konsep syariah.

Its a wrap! saatnya foto-foto dengan ibu Nila :lol:. Karena ini adalah bagian maha penting selain kangen-kangenan dengan sesama blogger #SahabatJKN :lol:. Karena sejatinya acara halal bihalal atau ramah tamah atau gathering dan semacamnya merupakan ajang reunian bagi para undangan :lol:.

Beruntung bisa berkenalan dengan mereka semua, karena selalu ada tawa dan cerita disetiap pertemuan. Semoga silaturahmi ini terjalin erat selamanya. AMIN

Advertisements

One thought on “Ramah Tamah Dengan Ibu Nila Moeloek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s