70 Tahun ICRC Indonesia

Teman-teman yang sering berhubungan dengan palang merah atau bulan sabit merah pasti sudah sangat familiar ketika mendengar ICRC (The International Committee of the Red Cross) atau Komite International Palang Merah. Hadir di Indonesia sejak tahun 1942, tiga tahun sebelum indonesia merdeka.

11 Juni 2015 lalu demi status anak jakarta kekinian kelar dari Gathering bareng Ayu Gani dan Closeup di Sekitaran Grand Indonesia menyempatkan diri  Es Teller 77 Adhityawarman,  memenuhi undangan Gathering blogger dalam rangka memperingati 70 tahun kehadiran mereka di Indonesia sekaligus meluncurkan website baru.

#70thICRCid

#70thICRCid

MENGENAI ICRC

ICRC merupakan salah satu dari tiga komponen gerakan kemanusiaan yang hadir di semua negara dan mengusung misi yang sama, yaitu meringankan penderitaan manusia, melindungi kehidupan dan kesehatan, dan menjunjung tinggi martabat manusia terutama pada saat konflik bersenjata dan keadaan darurat lainnya, Tiga komponen tersebut adalah  Komite Internasional Palang Merah (ICRC), Perhimpunan Nasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, dan Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC).

Kegiatan ICRC fokus kepada pemberian bantuan & perlindungan bagi korban konflik bersenjata serta mempromosikan Hukum Humaniter Internasional (HHI). Seperti pembangunan tempat tinggal, pencarian kerabat yang hilang, bantuan kesehatan dll. Jadi beda fokus pekerjaan dengan palang merah maupun bulan sabit, namun mereka merupakan satu kesatuan yang saling bekerjasama.

Untuk pengungsi Rohingya, ICRC Indonesia bekerjasam dengan  PMI untuk membantu memberikan akses komunikasi yang memungkinkan mereka menghubungi sanak saudara di daerah asal. Begitu juga untuk pengungsi dari bangladesh, ICRC bekerjasama dengan Bulan Sabit Bangladesh untuk bantuan ‘berita palang merah’. Menginformasikan kepada keluarga mereka di Banglasdeh bahwa mereka berada dengan selamat di Indonesia.

Kenapa ICRC baru kedengaran sepak terjangnya oleh netizen? Karena mereka baru terjun di dunia social media tahun 2011. Melalui twitter @ICRC_id dan blog mereka blogs.icrc.org/indonesia/ berharap bahwa masyarakat Indonesia mengetahui keberadaan mereka dan lingkup pekerjaannya. Di blog lengkap dijelaskan mengenai sejarah awal berdirinya ICRC dunia, sampai akhirnya ICRC Indonesia dibentuk, berita-berita yang disajikan juga menarik untuk disimak oleh penyuka social movement seperti saya

Gara-gara ikutan gathering ini beneran jadi kangen social movement. Bertemu dengan orang baru dari latar belakang yang berbeda, mengetahui hal-hal baru, mempunyai pandangan baru dsbnya. Beberapa tahun ini memang menyibukkan diri untuk mengejar mimpi, suatu saat yakin bakalan kembali ke dunia itu lagi, karena sesungguhnya bergabung atau mengerjakan hal-hal seperti itu adalah panggilan hati 🙂

Rejeki anak sholehah, menag live tweet :D

Rejeki anak sholehah, menag live tweet 😀

Advertisements

2 thoughts on “70 Tahun ICRC Indonesia

    • nunik99 says:

      jangankan kamu mbak, aku juga kalo ndak diundang gak tau.. tapi menyenangkan yaa, salah satu previllage jadi blogger tuh jadi diundang sana-sini jadinya tau banyak hihiihihihihi

      EH VOUCHER APA YAAAA *kapslok rusak 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s