Jangan Menyepelekan Mata Bintitan

Sudah sebulan lebih mata saya bintitan tanpa tau penyebabnya. Yang saya tau, mata mendadak merah sakit kemudian ada muncul benjolan. Salahnya saya adalah tidak langsung mengobati tapi dibiarin saja sampai pas bangun tidur mata yang bintitan kerasa berat untuk dibuka, kaya ada gandolannya gtu.

Beberapa teman sudah menyarankan untuk diobati sendiri dulu tanpa harus ke dokter, tapi karena sebulan kemarin kesibukan menyerbu bagaikan badai di gurun pasir jadi kebanyakan lupanya dan baru kerasa beebrapa waktu yang lalu. bangun tidur mata yang bintitan kok kerasa makin berat

Gejala dan penyebab Mata Bintitan

 Dari hasil baca-baca, gejala bintitan ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan kemerahan di area kelopak mata, terkadang terasa pedih. Benjolan ini muncul karena kelenjar kelopak mata yang infeksi atau radang yang akhirnya menumpuk dan jadilah benjolan. Kadang ada benjolan putih atau kuning yang menonjol.

Ini persis banget seperti yang saya alami bedanya tidak ada benjolan putih/kuning yang menonjol. Pulang kantor pas mau tidur kok mendadak mata saya sakit dan bengkak. Awalnya kira mungkin digigit semut, jadi cuma kompres pake air hangat biar rasa nyerinya hilang. Dan bener besok paginya nyeri hilang dan meninggalkan benjolan dimata 😦

mata kanan yang bintitan

mata kanan yang bintitan

Penyebabnya macem-macem, bisa karena daerah sekitar mata tidak bersih akibat kebanyakan beraktifitas diluar.  Penggunaan kosmetik di daerah kelopak mata. Bisa juga karena terlalu banyak mengucek mata

Plus kalo menurut saya bisa jadi juga karena daya tahan tubuh sedang turun jadinya mudah dimasuki virus kemudian infeksi. Karena memang sebulan kemarin sampe hari ini kesibukan saya bisa dibilang padat sampai tidak ada waktu untuk beresin kamar.

Yang Harus Diketahui Ketika mata bintitan

Ketika mengalami gejala tersebut dan mata sudah ada benjolan sebaiknya segera kompres dengan air hangat untuk mengurasi pedih dan gatal. Jangan dibiarkan, karena kelenjar itu seperti minyak yang berkumpul, kalau telaten dikompres dengan air hangat lama-lama akan hilang tapi kalau didiamkan benjolan tersebut akan mengeras dan harus ditangani dokter.

Sama dengan yang saya alami. Karena sudah didiamkan terlalu lama, akhirnya memutuskan untuk periksa ke klinik mata dekat kantor. Dan bener aja, benjolan di mata saya sudah mengeras dan disarankan untuk operasi. Tapi saya menolak karena menurut dokternya juga, ini bisa sembuh dengan catatan telaten di kompres dengan air hangat dan tidak putus untuk diberikan antibiotik cuma makan waktu 1-2 minggu bahkan lebih.

Dari hasil baca-baca juga ternyata ada beberapa cara traditional untuk mengobati mata bintitan

  • Kompres dengan air hangat. Ini efektif untuk menghilangkan rasa gatal/nyeri dan mengempiskan benjolan
  • Menggunakan bawang putih karena mengandung senyawa anti bakteri. Caranya bawang putih digerus/dihaluskan kemudial ditempel di benjolan
  • Menggunakan daun sirih. Caranya daun sirih direbus dan dipakai untuk membersihkan area mata yang ada benjolannya. Bisa juga digunakan sebagai obat tetes, tapi sepertinya ini harus sesuai anjuran dokter, takutnya kenapa-napa

Sampai sekarang benjolan di mata saya masih ada walaupun sudah berkurang. Mungkin karena saya kurang telaten untuk kompres mata jadi hasilnya juga tidak terlalu keliatan walaupun sudah ada perubahan.

Buat teman-teman yang belum kena semoga jangan sampe yaa, mungkin sudah mulai untuk merutini beberapa hal berikut yang terlihat sepele tapi percayalah ampuh untuk terhindar dari bintitan yang bisa mengurangi kecantikan

  • selalu jaga kebersihan tangan karena sadar tidak sadar tangan merupakan sumber dari berkumpulnya bakteri.
  • Hindari mengucek mata terlalu keras, takutnya kelenjar mata lecet dan jadi mudah menginfeksi mata
  • Istirahat yang cukup, karena kalau anti body kita sehat penyakit tidak bisa menyerang
  • Rutin membersihkan kamar terutama tempat tidur. Apalagi untuk ukuran anak kos yang bisa jadi ruang lingkupnya hanya bisa di kamar itu saja 😆

Semoga bermanfaat dan semoga tidak ikutan terkena bintitan yaa.

Happy weekend ^^

4 thoughts on “Jangan Menyepelekan Mata Bintitan

  1. iren says:

    saya juga uda 3 bulan ini mbak.. malah gak diapa2in jd benjol gt.. mau kedokter blm smpt2 dan aku jg gak mau deh kl dsruh operasi 😦 skrg uda hilang blm mbak?

  2. nikk22 says:

    Mbak saya juga udah 3 bulanan ud mulai kempis tapi belum sepenuhnya ilang.. sempat ke dokter juga disurh operasi tp tkut mbak. Antibiotik minum kah? Namanya apa klo bs tau?

    • nunik99 says:

      hai halo mbak, maaf baru bales yaa,,, saya ndak minum antibiotik karena langsung ditangani dokter

      kalau disuruh operasi berartimemang sudah harus mbak, smeoga lancar2 yaaa

Leave a Reply

