Menikmati Roti Legendaris di Tan Ek Tjoan Cafe

Siapa yang menyangka bahwa roti Tan Ek Tjoan memiliki unsur Yin dan Yang? Saya sendiri baru baru tau  ketika berkunjung ke Tan Ek Tjoan Café di Jalan Panglima Polim. Tan Ek Tjoan yang merupakan keturunan cina memakai filosofi Yin–Yang untuk mendeskripsikan sifat kekuatan yang saling berhubungan dan berlawanan di dunia dan bagaimana mereka saling membangun satu sama lain (hasil gugling sanasini)

Unsur Yin-Yang di roti Tan Ek Tjoan

Yin diwakili oleh roti Gambang yang keras, sedangkan Yang diwakili oleh roti Bim Bam yang lembut. Paduan yang sangat pas sebagai teman minum teh atau kopi. Akan lebih pas lagi kalau minumnya teh atau kopi pahit ya karena kedua roti tersebut rasanya sudah manis.

Roti Gambang dan Roti Bim Bam

Roti Gambang dan Roti Bim Bam

Selain roti Gambang dan Bim Bam, ada satu lagi roti Tan Ek Tjoan yang terkenal yaitu roti Nougat. Roti ini dobel manis karena isian nougat di dalam roti dan ada gula halus di atas roti.

Roti Nougat

Roti Nougat

Ternyata masih banyak teman-teman saya yang tukang jalan dan pecinta kuliner belum mengetahui Tan Ek Tjoan Cafe di Panglima Polim ini padahal lokasinya ada di sebrang Sate Apjay yang merupakan salah satu tempat nongkrong anak gaul Jakarta. Bisa jadi karena ketika mendengar Tan Ek Tjoan, yang ada dipikiran adalah Tan Ek Tjoan Cikini

Suasana Tan Ek Tjoan Cafe

Pertama kali masuk, mata akan dimanjakan dengan display roti-roti khas Tan Ek Tjoan plus gerobak roti yang legendaris itu.

Disebelah kanan, ada ruangan memanjang yang tidak terlalu besar, berisi 9 meja dan 18 kursi rotan dengan bantalan duduk yang cantik. Ternyata diruangan itulah café-nya. Konsep yang sangat sederhana mencerminkan kepribadian dari penyandang nama besar Tan Ek Tjoan.

2015-02-03 16.35.31

Sedikit ke atas ada ruangan terbuka yang bisa digunakan untuk meeting kecil atau arisan atau kegiatan apapun yang tidak membutuhkan space besar.

Saya sangat menikmati duduk dan mengobrol di café ini, tidak terlalu ramai bahkan cenderung sepi. Mungkin karena kebanyakan yang kesana adalah untuk membeli roti bukan untuk duduk dan mengobrol sambil menikmati roti.

Menu makanannya sangat beragam, dari nasi goreng, soup, mie/bihun hingga pasta dan asinan. Jadi agak-agak rancu dengan tema keseluruhan sebenarnya ya :lol:. Untuk minuman tidak terlalu banyak, hanya ada jus, teh dan kopi. Sayang untuk harga segelas cappucino dingin agak mahal kalau menurut saya. Dan paling penting buat anak digital yang kekinian, di café ini tidak tersedia wifi.

menu

menu

Tapi ketika kamu pengen nostalgia atau sekedar menikmati dengan roti legendaris yang sudah ada sejak tahun 1921 sambil ngobrol santai tanpa perlu dikejar-kejar waktu, café ini boleh dijadikan rekomendasi 🙂

Alamat: Jl. Panglima Polim IX No. 18, Melawai, Jakarta Selatan (021 7205998). Sebrangnya sate apjay panglima polim.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s