My Adrenalin Rush

Bukan rahasia umum kalau Bali menyimpan keindahan yang seakan tidak ada habisnya. Dikenal pula dengan Pulau Seribu Pura, Bali menggabungkan keindahan lansekap alam dan budaya yang sangat memikat. Bahkan menjadi magnet bagi dunia. Pernah ada celetukan bahwa ibukota Indonesia adalah Bali bukan Jakarta. Karena konon pernah ada satu waktu dimana wisatawan mancanegara lebih mengenal Bali daripada Jakarta. Tidak heran jika majalah pariwisata internasional “Travel+Leisure” menempatkan Bali sebagai “Hall of Fame” karena menerima penghargaan sebagai Pulau Terbaik di Asia dan masuk di 10 besar selama enam tahun berturut-turut (Pertama: 2009, 2010, 2011. Kedua: 2012, 2013, 2014)

Bali buat saya adalah pura dan sawah, bukan pantai. Ntah kenapa. Mungkin karena ketika tinggal di Sumbawa saya terbiasa dengan pemandangan pura kecil di depan rumah teman-teman saya. Atau mungkin karena sejak SD di buku-buku pelajaran sudah terbiasa dengan sawah terasering dan itu terpatri di kepala hingga sekarang.

Tapi jangan salah, Sumbawa juga punya banyak pantai yang cantik. Walaupun saya belum explore banyak tempat, tapi ini ada pemandangan pantai di salah satu resort di Sumbawa

Itu ponakan yang ndak mau nyebur ke pantai karena takut item :lol:

Itu ponakan yang ndak mau nyebur ke pantai karena takut item :|. pict by @vie_kusuma

Airnya jernih kan dan batu-batuannya beda, agak besar. Tapi hati-hati kalau renang di pantai ini, karena ada palung yang sangat dalam

Airnya jernih kan dan batu-batuannya beda, agak besar. Tapi hati-hati kalau renang di pantai ini, karena ada palung yang sangat dalam. pict by @vie_kusuma

pict by: @vie_kusuma

pict by: @vie_kusuma

Hobi menyetir, menggelitik adrenalin untuk bisa nyetir Jakarta – Bali – Jakarta. Iya, saya yang nyetir :D. Pencapaian paling jauh adalah Jakarta – Yogyakarta – Jakarta tanpa terganti. Saya tidak butuh digantikan, saya hanya butuh navigator. Karena saya hobi nyetir tapi tidak hobi baca map 😆

Hobi ini juga yang memunculkan keinginan untuk bisa nyetir truk kontainer long vehicles (bener itu gak si sebutan untuk kontainer yang paling panjang?). Apalagi pas bisa parkir mundur, dengan bentuk yang seperti itu pasti tidak mudah. Gak usahlah parkir mundur, posisi jalan dan bisa nyalip aja bikin saya makin pengen bisa bawa itu mobil panjang :lol:. Selain itu saya juga masih punya keinginan untuk bisa nyetir bus atau truk gandeng, doh :lol:. Karena terkadang kita butuh untuk menyalurkan adrenalin out of the limit, untuk hidup lebih berwarna. Setidaknya itu menurut saya.

Menyalurkan adrenalin tidak melulu harus melalui kegiatan extreme yang beneran ‘extreme’, karena definisi extreme tiap orang itu berbeda, setidaknya itu menurut saya -lagi-. Nyetir Jakarta – Bali – Jakarta sudah cukup extreme untuk perempuan dengan hobi nyetir seperti saya. Sudah kebayang ketika menempuh perjalanan darat Jakarta – Bali – Jakarta, rute yang saya lewati pasti penuh tantangan. Saya akan banyak berhenti di beberapa daerah seperti Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Probolinggo untuk nyobain kuliner yang sayang kalau tidak di explore. Dan juga karena kendaraan harus diistirahatkan setiap 5-6 jam, selama -+1jam kalau melakukan perjalanan jauh <– nasehat dari montirnya keyko (mobil saya).

Saya memilih Toyota New Rush untuk menemani perjalanan ke Bali. New Rush merupakan varian SUV dari Toyota yang dilengkapi penggerak 4WD (four wheel drive). Perpaduan sedan, station wagon ato jeep gtu2. Jadinya New Rush sangat memungkinkan digunakan di medan seperti tanjakan terjal, jalan licin ataupun jalan yang berlumpur. PAS BANGET! Dan percayalah akan berbeda rasanya kalau kamu melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan Sedan, MPV atau SUV. Buktiin sendiri deh 😀

Untuk safety, Toyota New Rush menawarkan dual airbag, jadi supir dan penumpang yang ada di depan juga terlindungi jika terjadi kecelakaan. Juga seat belt warning.

Dual air bag

Dual air bag

 

Seat belt warning

Seat belt warning.

New Rush juga menerapkan sistem keamanan Anti Lock Braking System (ABS). Secara definisi ABS adalah salah satu sistem keamanan dan keselamatan dari kendaraan kala terjadi pengereman mendadak sehingga perlu menginjak rem dalam-dalam. Fungsinya jelas untuk menghindari selip. Dalam ABS ini terdapat sensor yang memberikan sedikit kelonggoran pada piston kaliper saat mencengkram piringan cakram sehingga roda tidak terkunci.

Ini dibutuhkan banget, tidak hanya untuk perjalanan jauh ya. Yang bawa mobil pernah rem mendadak kan? Pas nge-rem otomatis ini roda akan terkunci, celakanya walau roda sudah terkunci terkadang mobil masih belum berhenti. Kondisi seperti ini sangat berbahaya, karena mobil akan susah dikendalikan, hilang kendali sampai nabrak bahkan terguling.

Interior bagaimana? Doooh saya ini perempuan yang tidak terlalu mempersoalkan interior :lol:. Lah gimana donk, saya lebih mementingkan faktor safety, kenyamanan ketika nyetir, enak dipake kenceng apa ndak, di jalan licin gimana, yang gtu2. Dan biasanya ketika satu mobil sudah memikirkan safety serta kenyamanan pengendara dengan detil, secara otomatis kualitas interior akan mengikuti. Percayalah :). Jadi tidak masalah juga ketika teman saya bilang kalau bagasi New Rush ini termasuk kecil (saya hobi bawa banyak barang kalau perjalanan jauh), secara kalo tidak cukup di bagasi kan bisa ditaruh di atap.

Haduuh ndak sabar pengen cepet-cepet ke Bali pake si ganteng ini. Pengen ke Pura Besakih yang merupakan pura umat Hindu terbesar di Bali dan Pura Ulun Danu Beratan di Bedugul. Konon di depan halaman Pura Ulun Danu ada sarkofagus dan sebuah papan megalitik yang diperkirakan berasal dari zaman megalitikum tahun 500 SM. Tidak ketinggalan sawah terasering. Dari beberapa rekomendasi sepertinya saya memilih ke Tegalalang dan Desa Jatiluwih, kenapa? karena katanya bagus *alakh :lol:. Konon punya pemandangan yang luar biasa indah 🙂

Pura Besakih

Pura Besakih

Pura Ulun Danu, Bedugul

Pura Ulun Danu, Bedugul

Terrasering di Tegalalang

Terrasering di Tegalalang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s