Pesona Bawah Laut Pulau Pahawang

Sebagai pulau tujuan wisata, Lampung menawarkan beberapa tempat yang layak dikunjungi seperti: Gunung Krakatau, Taman Nasional Way Kambas, Menara Siger dan Teluk Kiluan. Selain itu Lampung juga mempunyai wisata bawah laut yang punya daya tarik tersendiri. Terletak di Kecamatan Punduhpedada, Pesawaran, Lampung, pulau pahawang menawarkan pemandangan yang menawan dan surga bagi para pencinta bawah laut. Mempunyai beberapa spot snorkling dengan pemandangan yang akan menyandera kalian para diver profesional maupun pemula.

Menara SIgerMenara Siger yang juga menjadi titik nol Sumatra di selatan 

Rombongan kami berangkat malam hari dari Jakarta menuju Pelabuhan Merak, Banten, lanjut menyeberang menggunakan kapal ferry menuju pelabuhan Bakauheni, Lampung. Selanjutnya menggunakan mobil sewaan menuju ke Dermaga Ketapang karena tidak ada bus menuju kesana. Dermaga Ketapang merupakan pintu menuju pulau pahawang dan beberapa pulau lain disekitarnya.

duck faceDuck Face!

Tiba di Dermaga Ketapang kami disambut keramahan masyarakat sekitar, kemudian menyeberang menuju spot snorkling yang pertama di pulau Tegal bersama udara pagi yang hangat.

Dermaga Ketapang

Arus yang tenang dan air yang berwarna kehijauan seketika meluluhlantakkan ketakutan saya akan air. Pengen buru-buru nyebur!. Iya saya takut air dan alasan utama mengikuti perjalanan ini adalah untuk memaksakan diri melawan ketakutan tersebut & I did it, yeay! /(^0^)/. Spot yang pertama ini tidak terlalu dalam, bisa dengan jelas menyaksikan kumpulan coral hidup yang kalau diperhatikan lama dalam keadaan diam, seakan menyimpan sejuta misteri. Dan saya beruntung, pertama kali nyebur udah langsung ketemu nemo (clown fish), yeay!. Memacu adrenalin untuk berani menjauh sedikit demi sedikit dari kapal untuk melihat keindahan bawah laut lainnya, dan benar saja saya bertemu dengan 2 ekor nemo lagi, senang!

nemo

Puas snorkling di pulau tegal, perjalanan dilanjutkan ke Pulau Mak Itam. Di pulau ini kami tidak snorkling tapi berjalan kaki menyusuri pulau dan sesi foto karena lokasinya mirip dengan pulau gosong. Dangkal dan dikelilingi oleh pasir putih dan air berwarna hijau yang sangat jernih. Kami tidak ke pulau gosong karena masih harus nunggu sekitar 2-3jam lagi hingga air surut. Ada kisah dibalik nama Mak Itam, menurut cerita dari pemilik kapal yang kami sewa, nama sebenar pulau ini adalah Mbak Itam bukan Mak Itam, konon di pulau tersebut sempat dihuni oleh seorang perempuan berkulit hitam hingga akhirnya meninggal. Tidak ada yang mengetahui siapa perempuan tersebut, bersama siapa disana dan melakukan apa. Hingga akhirnya pulau tersebut dikenal dengan nama Mak Itam.

mak itam

DSCN4361

Perjalanan dilanjutkan menuju Pulau Kelagian untuk makan siang. Pasir di pulau ini sangat halus. Jangan kawatir kelaparan ataupun kehausan jika berada di pulau ini, karena ada penduduk yang mendirikan warung dan menjajakan makanan serta minuman. Yang menyenangkan di pulau ini adalah dermaga kapal bisa dipergunakan untuk lompat indah, tapi hati-hati jangan sampai mendarat di perairan yang dangkal ya, ambillah ancang-ancang yang agak jauh biar bisa mendarat di perairan yang agak dalam sehingga kaki tidak terbentur pasir.

klagian_1

klagian_2

2begini juga bissssaaaa

bujopenampakan dugong centil di bawah dermaga*______*, padahal ya kakinya lagi sakit gara2 kaki terbentur pasir pas loncat

Kelar dari Pulau Kelagian, kami melanjutkan perjalanan menuju spot snorkling selanjutnya, walaupun arus sedikit kencang tapi tetap bisa menikmati pemandangan bawah laut. Ikan dimana-mana, coral dan karang warna-warni.

ikan ikan

DSCN4452Pak deny, satu2nya bapak di rombongan.. Menikmati masa-masa pensiunan dengan jalan-jalan,, seneng ya

1

3

Selesai sudah agenda hari pertama. Perlahan kapal kami merapat ke pulau pahawang besar tempat kami bermalam. Menghabiskan malam minggu bersama orang-orang yang menyenangkan sambil menyesap segelas kopi susu hangat ditemani alunan lagu Air Supply dengan pandangan ke laut lepas sungguh romantis. Ingin rasanya menghentikan waktu sejenak, agar bisa lebih lama menikmati romantisme malam itu. Tidak ketinggalan ikan bakar dengan sambel yang enak banget!

DSCN4364bela-belain melek demi ikan ikan bakar /(^0^)/

Hari kedua. Pagi kami diserbu angin laut yang sangat dingin, matahari muncul terlambat, tidak menghangatkan namun sangat Indah. Agenda hari ini adalah mengintip keindahan bawah laut di Tanjung Putus dan Pahawang Kecil. Ada cerita dibalik penamaan Tanjung Putus. Pulau ini menyambung dengan dataran sumatera, hanya saja ketika air pasang jalur akan terendam dan menyisakan sebuah pulau.

4

5perempuan berkerudung pagi

Matahari semakin tinggi seakan memaksa kami untuk segera kembali ke penginapan di Pahawang besar, untuk bersiap-siap makan siang dan berlayar ke Dermaga Ketapang. Pulang

2014-08-20 19.17.30

DSCN4460

Akan lebih mudah buat kamu yang pertama kali berkunjung untuk mengikuti rombongan travel seperti yang saya lakukan kemarin. Saya mengambil paket trip yang diadakan oleh @ajakjalan. Tidak perlu pusing untuk memikirkan beli tiket ferry dimana, gimana kalau mau sewa mobil, kapal, penginapan makan, alat snorkling dll dll.  Tinggal bawa badan, cemilan dan beberapa lembar uang untuk jajan :lol:. Tapi jangan lupa untuk menyempatkan waktu untuk ngobrol dengan pemilik kapal, pemilik penginapan, mungkin kamu bisa membuat paket trip sendiri karena peluang masih sangat terbuka lebar apalagi masih banyak tempat di Lampung yang layak untuk dikunjungi

Artikel ini dibuat untuk pikenik.com
Advertisements

8 thoughts on “Pesona Bawah Laut Pulau Pahawang

  1. Mira (Mijoo) says:

    Akhirnya postingan tentang Pahawangnya jadi *menari-nari dibawah hujan* Ayoo mba nunik kita ngumpul rombongan Pahawaang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s