Temu Blogger di Workshop #sahabatJKN

13 – 14 Agustus 2014 lalu saya berkesempatan mengikuti workshop JKN yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan dalam rangka mensosialisasikan salah satu program yang sudah di launch sejak 01 Januari 2014.

1

Senang karena ada instansi yang melirik blogger sebagai media untuk mensosialisasikan programnya itu artinya ladang rejeki bakal nambah nih AMIIIN 😆 dan memang sengaja ingin ikut kegiatan ini, disamping pengen kenalan dengan teman-teman blogger yang lain, juga pengen tau apa kenapa dan bagaimana JKN ini. Terima kasih buat mas anjari yang memasukkan nama saya sebagai peserta *hormat

Agenda acara dengan tajuk #SahabatJKN selama dua hari ini sangat padat termasuk cemilan2nya banyak bangeeeettt, gagal diet selama dua hari 😆 :|. Hari pertama diisi dengan perkenalan mengenai acaranya sendiri, dilanjutkan perkenalan panitia penyelenggara, hingga perkenalan masing-masing blogger. Setelah itu materi mengenai JKN beserta BPJS dan malam hari materi diisi oleh Ira Koesno mengenai public speaking. Esok harinya kunjungan ke kantor BPJS cabang utama jakarta Pusat, dilanjutkan dengan kunjungan ke Puskesmas Cempaka Putih dan diakhiri dengan kunjungan ke Rumah Sakit Persahabatan.

Bisa bersama dengan blogger-blogger yang baru dikenal itu anugerah. Karena tidak mungkin saya bisa bertemu dan mengenal mereka semua kalau tidak mengikuti workshop ini. Pada seru-seru, lucu, humble, heboh! 😆

Diantara peserta yang hadir bisa jadi saya sendiri yang mempunyai pengetahuan yang minim mengenai JKN ataupun BPJS. Mungkin karena saya tidak mau peduli dengan hal ini. Pun askes, saya juga ga tau punya atau tidak, itu urusannya mami. Kalau sakit saya taunya ya berobat ke dokter praktek, bukannya ke puskesmas/klinik. Ke Rumah Sakit juga bisa dihitung dengan jari (waktu di sumbawa). Saya merasakan rutin berobat ke rumah sakit ya sejak di Jakarta, karena belum ketemu dengan dokter praktek yang cocok dan kebetulan ada asuransi kesehatannya kakak ipar jadi diperbolehkan nebeng hihihihi. Eh kayanya saya punya deh askes, soalnya waktu operasi usus buntu di RS Sardjito, Yogya sempat denger mami sebut2 kartu askes. Lagi-lagi saya tidak tau menau karena soal pembayaran dsbnya jadi urusan mami dan kakak2 saya. Keuntungan jadi anak ragil? Bisa jadi, tapi malah bikin saya ga ngerti apa2 *malahcurhat

Jadi sempat mengkeret waktu mas anjar menanyakan pertanyaan ini ‘kapan terakhir ke puskesmas?’ . Pertanyaan itu memang bukan ditujukan untuk saya, tapi saya merasa tertohok, karena belum pernah berobat kesana. Kenapa puskesmas? Karena jika sakit, peserta BPJS dianjurkan untuk berobat ke Faskes (fasilitas kesehatan) tingkat I yaitu puskesmas/klinik. Jangan underestimate terlebih dahulu, puskesmas/klinik yang bekerjasama dengan BPJS sudah memiliki standar yang layak untuk memberikan pelayanan (dokter, perawat, lab, rawat inap termasuk bangunannya sendiri). Jika diperlukan pelayanan tingkat lanjut  barulah dirujuk ke Faskes tingkat II/Lanjutan yaitu rumah sakit. Bisa langsung ke rumah sakit apabila peserta dalam kondisi gawat darurat.

Kunjungan ke Puskesmas Cempaka Putih memberikan bukti bahwa adalah benar saat ini fasilitas kesehatan sekelas puskesmas sudah bebenah diri untuk meningkatkan standar dan pelayanan kesehatan. Belum semua mungkin, tapi dengan melihat ada satu puskesmas yang kalo saya bilang mewah untuk ukuran puskesmas jadi memberikan optimisme bahwa pemerintah serius memperhatikan fasilitas kesehatan. Semoga saja puskesmas cempaka putih bisa menjadi role model untuk puskesmas2 lain yang tersebar di seluruh Indonesia.

2kelar kunjungan di puskesmas cempaka putih, masih untung wajahku ada 😐

3ntah kenapa posisiku di setiap foto ga ada yang bagus :(. anyway dibelakang kaos biru yang kami pakai ini ada tulisan blogger lho, bikin terharu

Salut buat Kemenkes atas usahanya mensosialisasikan JKN ini, semoga sukses sosialisasi bersama teman-teman mahasiswa dan lainnya. Semoga awareness mengenai JKN ini bisa tersebar sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa mendapatkan haknya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau.

Ulasan mengenai JKN sendiri ada di artikel setelah ini yak ^^

11 thoughts on “Temu Blogger di Workshop #sahabatJKN

    • nunik99 says:

      Ke Faskes tingkat I dulu mas (klinik/puskesmas), nanti disana dilayani sesuai kebutuhan. Kalau harus operasi caesar gimana? sekalian konsultasi aja karena untuk ibu hamil belum masuk ke daftar pelayanan yang dijamin BPJS

Leave a Reply

