Metropole: antara kejayaan masa lalu dan masa sekarang

Diundang ke Launching Starbucks Metropole, Megaria itu semacam gayung bersambut setelah beberapa waktu lalu saya mendadak pengen ke starbucks pas ngegym :lol:.

Dan ketika mendengar kata ‘XXI Metropole’ yang langsung terbersit adalah Garden Café XXI! .. Ternyata Garden Café-nya udah ga ada, diganti dengan Starbucks yang sabtu (20/7) kemarin adalah hari pertama buka. Dan tau gak, baru sabtu kemarin itu saya nyadar kalo Garden Cafe itu bukan punyanya Starbucks tapi XXI *ngakakkejungkel

Bioskop Metropole sendiri adalah bioskop bersejarah yang dibangun tahun 1932 dengan nama Bioscoop Metropool, sesuai dengan ejaan bahasa Belanda pada waktu itu. Oleh Gubernur DKI Jakarta, gedung ini dinyatakan sebagai Bangunan Cagar Budaya Kelas A yang dilindungi dan tidak boleh dibongkar pada tahun 1993.

Sejarah mencatat bahwa Bioskop Metropole merupakan bioskop tertua dan terbesar di Jakarta yang masih bertahan hingga sekarang. Merupakan salah satu icon culture di Jakarta, ini jadi salah satu alasan Starbucks kembali membuka gerainya yang kesekian.

Pemilihan lokasi dan tata letak menjadikan Starbucks Metropole ini jauh berbeda dengan starbucks kebanyakan. Ini dia alasannya

  • Hadir di salah satu kawasan bersejarah di Jakarta yang masih terawat dengan sangat baik (i really thank to grup 21 cineplex, who extend the term of the lease and renovate both the interior and exterior of the building)
  • Kamu bisa memilih lokasi sesuai dengan mood atau keinginan kamu. Kok bisa? Iya Starbucks Metropole ini terdiri dari 2 ruangan yang letaknya di sebelah kiri dan kanan pintu masuk Bioskop. Mau duduk di ruangan sebelah kanan tempat order pesanan (di dalam atau di luar ruangan) atau kamu bisa pilih di ruangan yang terletak di sebrang ruang 1.
  • Pempek, Ayam bakar dan es teler Megaria juga berada di kawasan yang sama. Semuanya adalah makanan legendaris yang pastinya punya cerita tersendiri yang bisa kamu bagi ke teman/pacar/keluarga sambil duduk2 cantik menyesap kopi beraroma rindu.
  • Salah satu ruangannya menghadap ke stasiun cikini. Datanglah ke starbucks metropole sekitar jam 17.00an, pilih tempat duduk yang ada di sebrang ruangan untuk order pesanan, duduklah di sofa yang menghadap ke jendela. Diam dan nikmati kemewahan pemandangan kereta yang sliweran, berebut menjemput senja. ITS ROMANTIC!
  • Pandan Coconut Brulle Cake! Kata kak @goenrock, cake ini susah dicari dan memang sii saya belum pernah lihat cake ini di Starbucks yang pernah saya datangi. Ketika saya tanya ke Febri, jawabannya: cake ini ada berdasarkan demand dari konsumen. Pilihan yang tepat sekali

photo-2kereta yang bersiap mengejar senja

Bicara favorit di starbucks, kalo saya anaknya susah muvon dari caramel machiato yang less caramel dan green tea frappuccino less sugar. Tapi kamu wajib coba Raspberry Americano, kopi kreasi dari sissy salah satu partner disana. Satu lagi yang wajib kamu coba itu Strawberry Cheese Cake Frappucino, lupakan sejenak berapa kandungan kalori, just have some fun! dan gak harus menyandang gelar coffee addict dulu kalo cuma mau ke Starbucks mah :D. Gak punya ide mau nyobain apa di starbucks? Coba tanya ke Febri sang manager, apa kreasi favoritnya untuk kamu coba :). Atau bisa nanya ke dayat dan teman2 lain disana mengenai menu favorit mereka untuk dicoba.

Satu tips yang di share oleh Febri ketika coffee tasting adalah: sediakan pairing ketika menikmati kopi. Pairing bisa berupa makanan asin atau manis, karena idealnya menikmati kopi adalah tanpa gula, dan pairing fungsinya untuk menetralisir pahit dari kopi. Gigit pairing kamu sambil menyesap kopi, rasakan mereka menyatu di dalam mulutmu, nagih pasti.

photo 1ini pairing waktu coffee tasting, sus caramel (semoga ga salah 😆 )

photo 2Lihat lukisan yang jadi background foto ini? Di lukis langsung di temboknya dan ini jadi salah satu ciri khas dan Sbux Metropole

photo 2-2will be back soon, to something that i called ‘rindu’

 Terima kasih banyak Rhesya untuk undangannya, mba sally yang selalu senyum, Febri, dayat, sissy dan teman2 Starbucks Metropole yang udah nerima saya dan teman-teman lain dengan hangat. Oleh-olehnya juga banyaaak /(^0^)/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s