Kuliner Jogja: Burger Monalisa, Tahu Campur Cak Sukar & Lombok Idjo

Bicara jogja, selain terkenal dengan kota pelajar juga kota ngangenin, kota budaya, kota memory, kota gudeg, kota bakpia dll dll

Ketika bicara jogja, yang terbersit dikepala banyak orang biasanya kalo ga gudeg, ya malioboro, bisa jadi kopi joss. Kalo saya, ketika bicara jogja yang terlintas dikepala pertama kali adalah kuliah & zona nyaman hahahaha.

+-10 tahun di jogja tidak membuat saya mengenal daerah tersebut dengan baik. Banyak tempat-tempat yang belum saya jajah, pun lewati. Termasuk soal kuliner.  Yang dijajah ya tempat makan yang deket kos, kampus dan barak aja hahahaha.

Apalagi sekarang, sudah banyak café, angkringan, tempat ngopi dan tempat makan plus hotel yang munculnya itu makbedunduk, kaya 7eleven dijakarta, hari ini belum ada, besok udah nongol 😐

Bulan lalu saya sempat balik ke jogja, menghadiri undangan Munas Alumni dari kampus. Kangen beberapa tempat makan masa-masa saya dijogja.

Burger Monalisa

photo 1-2

Bisa dibilang Monalisa adalah kuliner legendaris dijogja, sudah ada sejak tahun 80an *kata mas-masnya. Lokasinya gampang banget ditemui, Jln Kaliurang Km.2 sekitaran Kampus UGM dipinggir jalan persis. Tempatnya begitu-begitu aja dari awal saya kesana, sampe bulan kemarin. Karena kemarin sudah agak malam saya kesana, jadinya yang tersisa itu hanya burger biasa tanpa keju, lesehannya juga udah digulung jadilah burgernya dibawa pulang.

Selain burger, disana juga ada pizza, hotdog, spaghetti, pisang & roti bakar. Kalau ga kehabisan biasanya juga ada kentang goreng dengan berbagai macam rasa.  Harganya juga terjangkau sekitar 10rb sampai 15rb (semoga ga salah).  Saos mayo-nya memang agak manis, mungkin pemiliknya pengen memasukkan citarasa jogja, mungkin……. dan saya suka!

Tahu Campur Cak Sukar

photo 2-3

Segar, gurih, manis itu rasa yang bikin kangen pengen balik kesini lagi. Porsinya juga tidak terlalu banyak tidak juga terlalu sedikit. Selain tahu campur, disana juga ada rawon dan soto ayam. Pas banget kalo cuaca lagi dingin atau pas lagi flu tapi ga pengen makan yang porsinya banyak ^^.

Tahu goreng, kiki, kentang goreng, selada, bihun dan bumbu petis itulah campuran yang ada didalam tahu campur. Kamu harus nyoba pake perasan jeruk nipis yang banyak plus sambel, rasanya meledak!

Lokasinya ada di jalan kaliurang KM.4 sejajar dengan burger monalisa tapi agak kesanaan sedikit ((KESANAAN)

Terakhir adalah Lombok Idjo

photo-3

Kuliner ini baru-baru aja ada, maksudnya bukan jaman-jaman saya kuliah :D. Yang ngangenin disini adalah sayur asem & empal penyetnya. Tapi biasanya kakak saya pesen sup buntut. Biarpun konsepnya rumah makan, tapi harganya sama dengan warung-warung yang ada dipinggir jalan.

Kemarin pas mba evi lagi flu jadinya kita pesen sup buntut, tempe goreng, sayur asem & empal penyet plus karedok. Ada yang berbeda dari rasa sayur asemnya, kurang pedes dan terlalu manis, tapi tetep aja ludes 😆 . Alamatnya di Jl. Laksda Adisoetjipto no. 22

Pengen ke angkringan tapi karena waktunya tidak banyak dan mba evi juga lagi sakit, kemarin hanya sempat mengunjungi salah satu warung kopi punya temen mba evi. Namanya @koplingjogja, bisa tanya-tanya langsung ke akunnya kalo pengen tau lokasi nongkrongnya dimana ya hihihi

Kalo kejogja lagi, saya pengennya kemana? Ke banyak tempat hahahaha 😐

Advertisements

2 thoughts on “Kuliner Jogja: Burger Monalisa, Tahu Campur Cak Sukar & Lombok Idjo

  1. Swastika Nohara says:

    Aduuuh… tahu campurnya menggoda!! Waktu aku kecil pernah digoda bapakku. Bapak: “Mau tahu campur?” Aku: “Mau!” Bapak kemudian datang membawa tahu dan tempe goreng. Aku protes. Aku” “Lho katanya tahu campur?” Bapak: “Ini, tahu campur tempe.” 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s