Mengenai Munculnya Tagar #UnFollowSBY

Iya ini saya sedang selo banget a.k.a kesel makanya ngomyang dimari hihihihi

Sedang berada di posko ODOSmov dari jam 10 pagi ini untuk meneruskan koordinasi dengan teman2 relawan untuk strategi penyaluran bantuan ke korban yang terkena banjir. Dari semalem sebenarnya team sudah mulai siap2.

ODOSmov adalah gerakan peduli banjir dari warga twitter (berdasarkan bio). Pertama kali mucul/bergerak tahun kemarin ketika Jakarta dilanda banjir yang lumayan parah. Kenapa bio-nya tertulis seperti itu? Karena semua informasi yang berkenaan banjir, didapatkan dan disebarkan melalui twitter. Ya, kami hanyalah sebagian kecil kumpulan orang2 pengguna twitter yang peduli dengan korban banjir di Jakarta.  Memanfaatkan kekuatan media social untuk membantu sesama. Selain ODOSmov masih banyak lagi gerakan2 serupa dari relawan2 yang lain, untuk kegiatan atau bencana yang lain di seluruh Indonesia. Intinya adalah kami dan mereka semua peduli.

Jakarta bergerak karena warganya peduli, Jogja bergerak ketika merapi meletus dan ketika gempa karena warganya peduli. Begitu juga dengan daerah2 lain ketika dilanda bencana. Semua bergerak karena peduli. Pemerintah? Ada tuh ditempat mereka seharusnya berada. Mereka ngapain? Bergerak, tanggap, peduli kah? Nah kalo ada pertanyaan kaya gitu, saya malah balik nanya, situ sudah bergerak, tanggap, peduli kah sama korban bencana?

Sama seperti kasus #Sinabung, disaat tuwips banyak yang mempertanyakan “mengenai fokus pemerintah saat ini hanya di banjir Jakarta, bagaimana dengan #Sinabung?” , malah udah muncul aja tagar #unfollowsby, lagi2 karena tuwips menganggap beliau beserta jajarannya tidak tanggap 😐

Geys, c’mon sekarang 2014 sudah bukan saatnya lagi cuma menyalahkan pemerintah yang kurang tanggap, sudah bukan saatnya lagi mengharapkan pemerintah untuk menurunkan bantuan kepada korban bencana sedangkan kita di tempat masing2 sibuk mengkritisi, nyinyir dsbnya. Ayook, ini saatnya kita yang bergerak, Kita yang bantu mereka.. Pemerintah? Udah biarin aja mungkin pekerjaan mereka #rauwisuwis jaadi terkesan tidak tanggap, lambat atau malah belum melakukan apa2.

Daripada waktu dan tenaga dipake buat nyebar tagar ga penting yang malah bikin “beliau” pamornya semakin naik, mending dipake buat dapetin dan sebar informasi mengenai #Sinabung jadi orang2 seperti saya tidak kesulitan ketika ingin membantu. Know what, saat kita sibuk nyalahin pemerintah dan menunggu action mereka, saudara2 kita di #Sinabung sedang butuh bantuan 🙂

Bencana tsunami aceh, bantuan datang bertubi2; banjir Jakarta masyarakat bergerak; bencana merapi dan gempa jogja masyarakat bergerak dari berbagai daerah di Indonesia. Harusnya ini juga bisa terjadi untuk #Sinabung, jika kita bergerak bersama..

Yuk!

 

Foto featured dari sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s