Sudah pernah di kop atau di bekam? Saya sudah ^^

Ga pernah sekalipun kepikiran untuk bekam, wong bekam itu apa dan untuk apa juga ga ngerti 😆 . Sampe akhirnya minggu kemarin saya bekam juga *menatap nanar bopeng-bopeng bekas bekam dipunggung *nangis

Ternyata beda daerah, beda juga penyebutan untuk bekam.. Kalo di sumbawa & sekitarnya disebut tangkik atau batangkik. Kalo bahasa jawa disebut cantuk atau kop*

Definisi dari bekam adalah metode pengobatan untuk mengeluarkan radikal bebas dan darah statis dari dalam tubuh manusia dengan cara melakukan pemvakuman di kulit dan mengeluarkan darah dari dalam tubuh**

Darah yang dimaksud disini adalah darah kotor. Kalo menurut mak ratna***, darah kotor itu mengandung kolesterol dan racun, bagus juga untuk penderita darah tinggi, gula berlebih dan asam urat. Setelah dibekam boleh dah tuh makan jeroan sepuasnya, ini kata mak ratna yaa 😆

Awalnya saya juga ga ada niatan bekam cuma urut biasa, tapi kata kakak saya lebih baik sekalian bekam aja karena setelah bekam kemarin badannya terasa lebih ringan. Rasanya kaya dicubit semut rame-rame kok dek *yaksip

Kalo saya kemarin itu pertama-tama punggungnya di lap dulu sama kain basah. Terus di semprot alkohol biar steril. Kulit di punggung di vakum dulu sekitar 1menitan. Setelah itu ditusuk-tusuk pake jarum di bagian-bagian yang timbul titik-tiktik hitam kemudian di vakum lagi. Kata mak ratna, titik-titik hitam itu timbul karena mengandung darah kotor jadi harus dikeluarkan.

Bayangan saya setelah ditusuk-tusuk jarum bakalan mengucur darah 😆 , ternyata darah yang keluar itu bentuknya seperti agar-agar. Makin banyak agar-agar yang keluar, makin banyak pula racun tubuh yang diangkat dari tubuh. Kalo agar-agarnya berwarna hitam pekat berarti semakin banyak juga racunnya.

Mak ratna bilang, kolesterol & asam urat saya lebih dominan dari diabetes & darah tinggi. Antar seneng dan bertanya-tanya sih. Seneng karena kolesterol & racun yg bisa menyebabkan asam urat jadi terangkat. Bertanya-tanya karena saya ada keturunan diabetes dan darah tinggi, tapi malah minor. Bisa jadi sebenarnya darah tinggi itu dipicu karena kolesterol yang tinggi campur racun lain. Untuk diabetesnya sendiri, mungkin karena saya jaga makan, semuanya kata mak ratna –lagi-

Oiya, jarum yang digunakan pastinya jarum baru dan sebelumnya sudah di cuci dengan alcohol yaa, kemarin lihat sendiri soalnya hihihihi. Terus kenapa di bagian belakang tubuh (punggung)? Karena itu tempat berkumpulnya urat yang kecil-kecil, jadi ga bahaya ketika di bekam, kalo di bagian depan itu isinya urat-urat yang besar, jadi akan bahaya kalo di bekam.

Dan baru tau juga ideal bekam untuk perempuan itu setiap 5-6 bulan sekali. Kalau laki-laki 3-4 bulan sekali, karena laki-laki ga mengalami datang bulan. Jadi walaupun terkadang selalu tersiksa tapi setidaknya darah kotor perempuan terbuang otomatis secara berkala.

SIAPA BILANG RASANYA SEPERTI DICUBIT SEMUT RAME-RAME??!! HAH! HAH! HAH!. Rasanya itu ya kaya kulit yang ditarik paksa secara bersamaan, SAKIIIIIITTTTT hahahahahaha hahahaha

Satu kesalahan saya ketika bekam minggu kemarin adalah lupa kalo sabtu besok bakalan pake kebaya buat ke nikahannya temen di solo *nangis –lagi- .. Hanya bisa berharap bagian punggung bekasnya udah hilang sabtu besok atau setidaknya berkuranglah jadi ga begitu kelihatan karena kebaya saya itu bagian punggungnya rada-rada terbuka samar *masih deg-degan.

Kalo mau rutin jadwal saya bekam lagi adalah bulan januari atau februari, harusnya udah ga sesakit pertama kali di bekam ya, harusnya 😐

* & ** : dari wikipedia

*** : tukang urut langganan

Advertisements

9 thoughts on “Sudah pernah di kop atau di bekam? Saya sudah ^^

  1. Aad says:

    Biasa cuma 3 hari udah ilang kok merah2nya. Sakitnya tergantung juru bekamnya juga. Ada yang dia nusuk agak dalem biar darah kotornya lebih cepet keluar.

    • nunik99 says:

      mungkin tergantung kulitnya kali ya ad,, iki sebagian udah sebagian belum :(((((

      kemarin itu yang sakit beberapa bagian aja, kaya pinggul dan sekitarnya atau mungkin karena pertama kali ya jadi dibawa hiperbola :)))))

  2. Billy says:

    Pada malam aku di-isra’kan, aku tidak melewati sekumpulan malaikat melainkan mereka berkata: “Wahai Muhammad suruhlah umatmu melakukan bekam (hijamah).”

    ~ H.R. Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmidzi, Ibnu Madjah, Albani

    “Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara: pertama dengan meminum madu, kedua dengan berbekam, dan ketiga dengan (terapi) besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas.”

    ~ H.R. Bukhori, Muslim, Ahmad, Nasa’i

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s