Bergerak + Outdoor + Bersama-sama + Kreasi = Bermain

Saya punya masa kecil yang sangat bahagia. Banyak main, tapi bukan hanya sekedar main, tapi ada makna-makna didalamnya. Dari yang mainannya dibikinin, sampe mainan yang harus dibikin sendiri, yang melibatkan fisik, kreativitas & teman lain.

Ga semua anak-anak di jaman sekarang mengenal permainan2 seperti ular naga panjangnya, sembunyi2an, lompat tali, tembak2an dari bambu yg pelurunya adl Koran basah, kapal2an dari kulit jeruk & kertas dll dll.

Kalo kata bang @JJRizal, di permainan Ular Naga, kita belajar mengenai multikulturalisme, simbolisasi keakraban kebersamaan, kekerabatan, mempertahankan team dan tolerasi. Dan baru tau kalo dulu masyarakat betawi bermain Ular Naga itu  setiap terang bulan, iihh seruu yaa.

CAM00347

Lokasi #MaenNyok #TangoWafflePlasDay di Omah Sendok

Berapa dari kita atau anak2 jaman sekarang masih ingat dengan nama2 permainan masa kecil? Mungkin tau cara maininnya tapi ga tau nama. Banyak juga ga ngerti sama sekali itu permainan apa. Tapi ga bisa disalahkan juga, karena yang terjadi dilingkungan sekitar adalah seperti itu.

Permainan bagi anak2 sekarang adalah main dirumah dengan gadget, play station, plus ke mall yang kalo jaman saya kecil dulu, itu adalah permainan orang kaya hihihihi

Komunitas @KopdarJajan berkolaborasi dengan @TangoWaffle , sabtu 15 Juni 2013 kemarin menyelenggarakan #MaenNyok di #TangoWafflePlayDay di omah sendok. Seruan unt rehat sejenak dan bermain. Bermain yang benar-benar bermain, ada unsur bergerak, melibatkan orang lain, dilakukan diluar ruangan, sosialisasi, dan berkreasi.

Senang banget karena masih ada yang peduli dengan permainan masa kecil yang bisa jadi ini merupakan salah satu budaya & ciri khas Indonesia.

Semacam kembali ke masa kecil dengan kembali memainkan permainan masa kecil di arena play day. Acara dikemas dengan sangat keren, ada unsur belajar, toleransi, kerjasama, kreativitas didalamnya. Karena para undangan diarahkan untuk berkelompok dan memainkan permainan apa saja yg diingat waktu kecil.

Kelompok saya, itu main jalin kaki *hallah* , beneran ga tau namanya 😆 .. Posisi bikin lingkaran, saling membelakangi, kemudian kaki dijalin, mirip seperti kepang rambut, tapi karena byk yang lupa akhirnya kaki ga bisa terjalin sempurna, masih bisa lepas 😆 . Its so much fun

@KopdarJajan & @TangoWaffle mengajak semua undangan untuk berkomitkan bahwa minggu kedua setiap bulannya adalah hari untuk ‘bermain’ di lingkungan masing-masing dan kita semua OK! .

Semoga apa yang dilakukan weekend kemarin menjadi awal untuk mengajak semuanya untuk bermain yang benar-benar melibatkan unsur-unsur diatas. Kalau main bareng keluarga bisa lebih memperat ikatan bathin lho, kalau dilakukan bareng tetangga/teman2 yang lain, akan mengajarkan untuk saling bertoleransi, team work, management emosi, leadership, networking dll, nah lhooo banyak kaaan? 🙂

Yuuuk, aah! . Bulan depan rencananya bakalan maen layangan bareng, cuma belum tau dimana, cek aja TL 2akun diatas untuk informasi selanjutnya yah.. Saya pengen ikutan sekalian sama ponakan, tapi bulan depan kan udah masuk puasa, jadi kita lihat saja nanti ya 🙂

tango

tango2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s