#9S10ATheMovie

Mungkin sudah pada tau kalau hari ini, 25 April 2013 tayang perdana #9S10ATheMovie, film yang diadaptasi dari buku best seller karya iwan setyawan, kisah nyata seorang anak supir angkot yang akhirnya bisa menginjakkan kaki ke New York. Kalau belum tau ini sekalian dikasih tau ya ^^

Bagaimana pendidikan menjadi salah satu kunci untuk menjauhkan diri dari lingkar kemiskinan. Bagaimana ketakutan itu harus dilawan. Bagaimana seseorang tidak bisa memilih masa kecilnya namun menentukan sendiri masa depannya. Hal2 yang mungkin sudah jadi asupan sehari2, tapi dikemas dengan sangat sempurna di film ini. Dan sangat berani menggunakan alur cerita yang maju mundur.

@Iwan9S10A: Ketika kita dibawah, tidak ada pilhan lain selain bangkit lagi? What else can we do?

Pertama kali ketemu mas iwan itu ketika masih di saling silang. Tiba2 lihat seorang cowok mungil, santai menggunakan kaos dan celana selutut plus sepatu casual lagi duduk serius menghadap laptop di teras 16. Awal lihat, sama sekali nggak ngeh itu siapa, kirain teman2nya pak didi yang kebetulan mampir, but i do love his style ^^

Ternyata cowok mungil itu seorang penulis buku 9 summer 10 autums dan sebentar lagi buku Ibuk akan segera rilis dll dll .. Orangnya sangat humble, lucu, seru, baik banget & cepat deket sama teman2 langsat.

premiere #9S10STheMovie

premiere #9S10ATheMovie, XXI epicentrum walk

Hari minggu, 21 April 2013 kemarin, sekantor diundang premiere #9S10ATheMovie. Menonton film yang notabene adalah perjuangan hidup mas iwan hingga bisa seperti sekarang. Semacam membawa saya masuk ke dimensi lain. Dimensi saat mas iwan dilahirkan, masa kecilnya, smp, sma, kuliah hingga akhirnya menginjakkan kaki ke new york, berasa saya ada disana.

Orang hebat itu sekarang duduk di sebelah saya. Iya, mas iwan adalah salah satu atasan saya di Provetic. Hari senin, 22 April 2013 saya sempat melihat mas iwan selama +- 10menit, beliau sedang serius menghadap laptop sehingga tidak sadar kalau saya perhatikan. “kamu hebat mas, saya beruntung bisa satu kantor dengan orang seperti mas iwan, saya membatin” , ketika SD sudah mempunyai kata2 “iwan ga takut hantu bu, iwan takut miskin” *menjura.

kerja

meja kerja mas iwan ^^

Semuanya tidak terlepas dari didikan seorang ibu, perempuan baja yang menjadi kunci di keluarga. Ibu mas iwan. Istri seorang supir angkot yang bisa mengatur semuanya sehingga tidak satupun kebutuhan anak & suaminya yang luput. Bukan pekerjaan mudah tapi ibu mas iwan melakukannya dengan sangat baik *sungkem

Satu yang menjadi focus saya di film itu, yaitu peran bapak, terlepas dari alex komang yang sangat bagus berperan sebagai bapak. Saya jadi teringat alm. Bapak saya.

Setiap bapak punya cara sendiri untuk mengungkapkan rasa sayang ke anaknya, begitu juga dengan bapak mas iwan , sosok laki2 yang sangat keras tapi sangat mencintai anak2 dan istri dengan caranya sendiri. Terbukti, ketika akhirnya bapak mengijinkan mas iwan untuk kuliah di bogor dengan menjual angkotnya, satu2nya alat mata pencaharian untuk menghidupi keluarga. Padahal awalnya bapak mas iwan sangat menentang

Bogor ga butuh awakmu, omah iki sing butuh awakmu (bogor tidak butuh kamu, rumah ini yang butuh kamu)

Figur Bapak di @9S10ATheMovie mengingatkan saya bahwa figur ayah tidak ada yg sempurna, namun mereka tanpa pamrih berjuang utk keluarga :’) — Petikan tweet dari kang @motulz beberapa hari yang lalu, dan ya saya setuju.

Film ini sangat patut ditonton, sangat menginspirasi sekali. Memang tidak hanya seorang iwan anak supir angkot yang berhasil sukses berkat kerja kerasnya, tapi film ini bisa mewakili untuk menggambarkan bahwa segala sesuatu itu harus dimulai dari bawah dan dengan usaha serta tekad yang kuat. Semoga bisa memberikan semangat buat siapa saja yang menonton 🙂

2 thoughts on “#9S10ATheMovie

Leave a Reply

