Gue Gloria Sinaga dan gue ga mau kaya mami gue #DemiUcok

nobarphoto’s by @gatiarhanatuS

Demi ucok ini bercerita tentang seorang ibu yang pengen anaknya menikah karena usia si anak yang sudah cukup matang. Dan buat Mak Gondut (panggilan si ibu) ada tiga tujuan hidup perempuan batak : menikah dengan perempuan batak, punya anak batak, dan menantu batak.

Keberhasilan perempuan batak itu, dinilai dari anaknya. Kalau anak kau lebih hebat dari anak mami, baru kau boleh sombong – Mak Gondut

Disisi lain Gloria Sinaga, anak mak gondut mempunyai ambisi yang berbeda. Glo ingin fokus untuk mewujudkan keinginannya membuat film yang inspired. Sangat tidak ingin apa yang dialami ibunya terulang kembali padanya, yaitu menikah dan melupakan mimpi dan punya kehidupan yang membosankan.

Film Indonesia itu harus ada 3 hal : banci, hantu dan susu – Glo

Banyak sekali nilai2 moral, adat & budaya batak, serta sentilan2 perfilman yang dimasukkan dan dikemas dengan sangat baik, dijamin ga perlu tuh kening berkerut untuk nonton film ini, karena dari awal sampe akhir bakalan ketawa mulu.

Suka dengan scene dimana Nikki yang notabene adalah sahabat Glo, berjualan DVD bajakan untuk menopang kehidupannya. Issue ini udah ga sensitive  banget sih karena #rauwisuwis hihihi, sutradaranya sendiri juga sudah memasukkan adegan pem-balance, yaitu ada salah satu pembeli yang teuteup keukeuh seumeukeuh nyari CD Original. Malah kembali mengingatkan kita ini lho realita yang ada. CD bajakan masih beredar dengan bebas yang jelas2 merugikan pembuat film/pekerja seni, namun disisi lain merupakan lahan basah untuk meraup keuntungan dan membantu pembeli yang berkantong cekak untuk mendapatkan berbagai referensi film.

Dengan mau mengenal orang lain, akan membuat kita mengenal diri sendiri dengan lebih baik lagi – Nikki

Konflik anak dan ibu juga dibuat kocak banget. Layaknya pertengkaran ibu dan anak yang ingin keinginannya diwujudkan karena menurut mereka itu yang terbaik, namun masing2 mempunyai pemikiran yang berbeda, jadinya berdebat, berdebat dan berdebat. Pada akhirnya mak gondut adalah ibu yang akan melakukan apa saja demi kebahagiaan anaknya walaupun terkadang dengan cara yang tidak kita mengerti. Dan Glo tetaplah anak yang sayang banget dengan ibunya, sekeras apapun dia. Salah satu adegan yang keren menurut saya adalah ketika glo memijat telapak kaki ibunya. Ntah kebaca atau tidak oleh penonton, buat saya itu salah satu cara untuk kembali mengingatkan kita bahwa surga ditelapak kaki ibu.

Gue Gloria Sinaga dan gue ga mau kaya mami gue. Gue akan terus kejar mimpi. Jodoh ga harus dikejar, paling datang sendiri, kalo ga datang sendiri, paling didatangkan mami – GLo

Simple, ringan. Menurut saya sih, ini film yang layak tonton oleh semua kalangan dan semua suku. Candaan adat & budaya batak yang ada bukan malah memperburuk citra orang batak. Namun (semoga saya ga salah menyimpulkan) hanya memasukkan realita kehidupan sehari-hari dari salah satu keluarga batak dan buat saya ini keren sekali, sebagai pengetahuan.

Pemerannya juga orang baru di dunia film (semoga saya ga salah), tapi acting-nya nyenengin dan outstanding. Semua all out secara natural. Perjuangan ‘antri’ di bioskop untuk kemudian bisa tayang, semoga worth it. Karena hidup & kerjaan hari-hari sudah cukup bikin kening keriput #surhat, jadinya film ini beneran bikin fresh dan memang recommended

Sempat mengingatkan ke mami saya yang selalu melontarkan hal ini setiap kali menelepon “siapa pacarnya sekarang cantik?” hihihihi… Love you more mom

Oiya, seru deh kayanya kalo ngajak mami masing2 buat nonton, opsi buat quality time selain ke mall 😀 .. Mana tau jadinya dapat sesuatu dari film itu yang saya juga ga tau apa tapi memberikan manfaat buat hubungan ibu & anak menjadi lebih erat lagi

Terima kasih buat @tirtadarmantio bareng komunitas @MuterFilm yang udah mengundang saya untuk nobar, pouch & post it –nya, lucuk!

IMG01143-20130106-1441lucuk kan ^^

Sukses buat @DemiUcokFilm, dan buat semua teman2 yang terlibat didalamnya. Buat mas @un2sunny, Glo, Nikki, Mak Gondut, kalian keren kalinyaaa ^^

Leave a Reply

