ibu

Kasih sayang seorang ibu itu memang dahsyat ya. Dan feeling ibu itu sangat luar biasa, tau aja ketika putrinya lagi ada masalah. Dan kembali saya merasa kecil sebagai makhluk ciptaan Tuhan. DIA mengatur segala sesuatunya sampai ke hal yang tidak bisa dipikirkan dengan akal sehat.

Ibu saya adalah seorang perempuan yang sangat hebat, dan semua ibu memang seperti itu kan ya? Akan melakukan apa saja demi anaknya, sampe berdarah2 juga bakalan dilakukan demi sang anak. Kalau ayah saya masih hidup, pastinya beliau juga akan melakukan hal yang sama, dan saya sangat bersyukur menjadi anak dari mereka.

Ibu saya itu bisa jadi bukan seperti seorang ibu kebanyakan. Tempat curahan hati anak2nya, teman berdiskusi yang keren. Tidak, ibu saya tidak seperti itu, untuk beberapa hal kami anak2nya lebih memilih untuk tidak terlalu banyak berdiskusi karena pola pikir dan cara pandang yang berbeda. Biasanya kami berempat membicarakan tanpa ibu. Tapi diluar semua itu, ibu tetaplah ibu yang menjalankan perannya dengan sangat luar biasa dengan segala kekurangan beliau, saya sangat bersyukur bisa lahir dari Rahim ibu saya.

Meskipun tidak sering curhat, tapi disaat2 tertentu mendengar suara beliau dan cerita beliau yang sering melebar kemana2, itu sudah lebih dari cukup sebagai morfin yang sangat menenangkan. Dan nasihat2 beliau bisa dengan ajaib menjawab semua kebingungan yang ada. Kenapa saya bilang ajaib? Karena penyampaiannya yang cukup unik 😀

Ibu saya adalah seorang manusia biasa yang banyak kekurangannya. Tapi buat saya, beliau tidak mempunyai cacat sama sekali, beliau adalah seorang perempuan sempurna yang selalu ada setiap kali dibutuhkan oleh anak2nya. Berjuang untuk kebahagiaan anak2nya, bagaimanapun caranya.

Ketika melakukan kesalahan, beliau dengan keikhlasan yang sangat luar biasa mengatakan “tidak apa2 nak” , padahal saya tau hal tersebut sering kali membuat beliau kecewa. Ah ibu, anak ragilmu ini masih jauh dari kebisaan untuk membalas semua yang sudah sejak aku baru lahir hingga detik ini.

When I look at you, I see forgiveness, I see the truth
You love me for who I am like the stars hold the moon
Right there where they belong
And I know I’m not alone

You are my life, you are my breath, you are my everything. I love you mom.

*terinspirasi dari lagu ini  

Leave a Reply

