Mewujudkan Mimpi dengan Cara yang Tepat

Mengenai rencana hidup, setiap tahun biasanya selalu ada “keinginan/mimpi” yang diucapkan. Jadi ingat cerita 2 tahun yang lalu ketika saya masih bekerja di sebuah perusahaan herbal di tanjung priok. Saat itu jam istirahat makan siang dan saya ngobrol santai dengan atasan saya dan tamu dari semarang yang kebetulan menjadi konsultan di kantor tersebut.

Mas anjar namanya, bercerita bahwa berdasarkan penelitian, keinginan seseorang itu 20% akan tercapai ketika keinginan tersebut kita ucapkan, dan 80% akan tercapai ketika kita menuliskan dengan detil apa saja keinginan atau tujuan yang akan kita capai dalam setahun ini.

Mengapa 20% & 80% , begini mas anjar mengilustrasikan. Keinginan atau mimpi yang merupakan tonggak untuk kita menggapai sesuatu karena dengan begitu kita sudah mempunyai tujuan hidup “aku ingin punya ini, aku sudah harus bisa mencapai ini” dan lain sebagainya. Ketika kita mengucapkan, sering kali apa yang kita ucapkan itu terlupakan karena begitu padatnya aktifitas yang dilakukan sehari-hari, sehingga kita lupa “tahun ini apa saja yang ingin dicapai” atau “tujuan aku mau kemana sih”. Tapi ketika kita menuliskan dengan detil di media manapun (notes, block note, kertas dll), kita bisa membaca kembali dan semacam diingatkan dan otomatis kita tau apa yang harus dilakukan untuk meraih keinginan tersebut. Mengapa harus detil? Hal ini semacam memberikan deadline ke diri sendiri, karena yang paling susah dilakukan adalah komitmen dengan diri sendiri..

Buat saya hal tersebut masuk akal juga, dan memang sering terlupa ketika hanya melafalkan daftar keinginan yang saya inginkan. Dan saya sempat menuliskan detil keinginan saya di notes pada BB, yang setiap hari saya lihat, karena di notes tersebut juga saya menuliskan to do list setiap harinya di kantor maupun diluar kantor. Dan memang ketika saya terlalu larut di kegiatan sehari-hari, hal tersebut menjadi pengingat sehingga saya bisa menyisipkan pada to do list saya setiap hari, langkah-langkah yang menurut saya harus dilakukan untuk mencapai keinginan tersebut.

Beberapa tercapai dan masih banyak yang belum, tapi setidaknya saya sudah berusaha keras (menurut saya) untuk mencapainya.

Kalau ditanyakan apa keinginan yang belum tercapai sebenarnya sangat banyak sekali, tapi beberapa prioritas adalah beberapa hal dibawah ini:

  • Saya ingin menikah di tahun 2012. Sebenarnya keinginan ini adalaha keinginan yang sudah lama saya impikan tapi sepertinya semesta belum memberikan restunya dan saya belajar untuk lebih ikhlas dan sabar serta memantaskan diri, sehingga ketika hal tersebut direstui saya sudah benar-benar pantas dan siap lahir bathin., AMIN.
  • Ingin naik haji bareng ibu saya. Ini juga keinginan sejak jaman kuliah dulu, dan kembali lagi, semesta belum memberikan restu. Mungkin saya disuruh untuk belajar mengatur keuangan untuk bisa mencukupkan kebutuhan diri sendiri, keluarga & orang terdekat, serta orang lain yang membutuhkan bantuan saya terlebih dahulu, baru kemudian saya diberikan restu, AMIN.
  • Terbebas dari masalah financial di usia 35tahun. Dalam artian saya sudah mempunyai pekerjaan dan penghasilan yang mengcover semua kebutuhan saya, keluarga saya dan orang2 yang membutuhkan. Membangun rumah yang ideal dan nyaman untuk keluarga saya. Untuk terbebas dari masalah financial, berarti saya harus bekerja lebih keras lagi, dan harus bisa menguasai bidang kerja yang saja jalani sekarang. Untuk menguasai bidang kerja, berarti saya harus belajar lebih banyak lagi dan harus pandai2 mengatur waktu. Dengan demikian penghasilan akan mengikuti. dan lagi-lagi, saya masih harus belajar banyak mengenai perencanaan keuangan.

 

Harus cepat ngubek-ngubek informasi di www.bca.co.id lebih jauh lagi, karyawan seperti saya dengan jadwal yang sangat padat, sangat membutuhkan kemudahan dalam merencakan keuangan untuk mewujudkan beberapa hal tersebut diatas. dan sebagai konsumen lama di BCA, sudah tidak meragukan lagi dengan services yang diberikan kepada konsumen. itu sebabnya setiap melakukan kegiatan transaksi/konsultasi di BCA, harus rela anti puanjaaaang, bukti bahwa bukan hanya saya yang menaruh kepercayaan kepada BCA  dan sangat yakin bahwa BCA bisa membantu saya untuk memberikan jalan terang untuk mewujudkan keinginan saya 🙂

5 thoughts on “Mewujudkan Mimpi dengan Cara yang Tepat

  1. naussea says:

    point nomor satu dan prioritas sekali. NOTED !!! ;))
    point nomor tiga itu sungguh mulia sekali adanya

    ini ngiklan BCA yak :))

    jadi intinya jgn seperti air yg mengalir yah, harus ada planning yang dicatat agar terus diingat biar tracknya nggak lari kemana-mana lagi.

    hmm … masuk akal 😀

Leave a Reply

