Selamat Ulang Tahun Bapak

Jika beliau masih hidup, hari ini pasti akan jadi hari yang berbeda dari hari-hari sebelumnya. Walaupun beliau bukan tipikal orang yang mengagung-agungkan hari ulang tahun, tapi saya tau di lubuk hati yang paling dalam dalam, beliau pasti mengharapkan ucapan dari kami anak2nya dan dari istri tercinta.

Beliau adalah sosok ayah dengan perawakan yang tinggi, berkulit gelap dan senyumannya yang manis. Saya memang kehilangan banyak moment dengan beliau tapi bukan berarti saya tidak mempunyai moment indah bersama.

Beliau meninggal 21 april 1999, tepat seminggu sebelum saya Ebtanas SMU. Beliau bukan tipikal ayah yang bisa mengimplementasikan perasaan dengan sering memeluk kami anak2nya, mencium kami anak2nya sebagai ungkapan sayang. Tapi beliau mengimplementasikan dengan cara yang sangat berbeda. Dari tatapan matanya, saya tau, beliau sangat menyayangi kami anak2nya.

Mami pernah cerita, waktu kami masih kecil beliau sendiri yang mencuci pakaian anak2nya, dan memasak serta bersih2 rumah karena kami tidak mempunyai pembantu, hanya ada keluarga yang diajak tinggal di rumah, itupun hanya untuk menemani kami bermain dan memasak sesekali. Sebagian besar pekerjaan rumah dikerjakan sendiri oleh beliau

Masih teringat jelas ketika beliau akan masak di dapur, yang dipanggil adalah saya untuk membantunya. Entah untuk mengambil wajan, sutil ataupun ikut mengolah makanan. Sempat protes, kenapa mesti saya mulu sih yang dipanggil padahal kakak2 saya juga ada hihihihi. Belakangan saya tau, bahwa itu adalah cara beliau memperkenalkan dapur ke saya.

Tidak pernah memaksa kami untuk beres2 dan bersih2 rumah, tapi ketika beliau melakukan itu hanya berkata “ndak malu, masa bapaknya yang bersih2 terus anak gadisnya duduk2 aja” . Halus tapi kena banget kan hihihihi . Selalu perfeksionis dalam hal kebersihan , tidak jarang kami harus mengulang untuk menyapu/mengepel/mencuci baju, belakangan saya baru tau bahwa nantinya pekerjaan seperti itu yang akan kami lakukan sendiri baik ketika merantau dan ketika akan menikah nanti.

DI mata saya beliau adalah sosok yang galak, banyak larangan ina inu ita itu. Belakangan baru saya tau kalau itu cara beliau memproteksi kami anak2 perempuannya. Β Bukan galak tapi tegas, itulah ayah saya.

Seabrek hal2 kecil yang beliau ajarkan kepada kami, yang belakangan baru saya sadar manfaatnya. Waktu memang tidak bisa diulang kembali, pun kalau boleh meminta saya ingin memeluk beliau dan bilang “unik sayang bapak” .

Gadis kecilmu akan tetap jadi gadis kecil dengan segala kerapuhannya dan menjadi kuat dengan didampingi seorang ibu yang sangat luar biasa dan kakak2 perempuan yang sangat sayang. Menjadi kuat dengan selalu mengingat pesanmu “anaknya bapak ndak boleh cengeng”

Terima kasih untuk semua pelajaran hidup yang pernah diberikan. Selamat ulang tahun yang ke 67, semoga bapak tenang disana, di ampuni segala dosa, dicukupkan segala kebutuhannya dan ditempatkan di sisiNYA yang mulia.

 

Love You Daddy

10 thoughts on “Selamat Ulang Tahun Bapak

  1. @fanabis says:

    sama kali ya bapakku yang orang jawa juga kayaknya juga kurang ekspresif menunjukkan sayang kepada anak-anaknya.

    dia sekarang juga sudah berada di surga. dan jumat kemarin tepat “ulang tahun pertama kepergiannya..

    sekarang hanya bisa berdoa dan mengenangnya

  2. bowosoedadi says:

    Senang rasanya bisa membaca artikel ini, seakan-akan mengingatkanku bahwa kita harus bisa lebih mencintai keluarga kita lebih dalam lagi, sebelum ALLAH swt menjemputnya.

    Semoga ayahanda Mbak Munchkin senang, karena ternyata salah satu anaknya masih mengingatnya (ayahanda) sampai sekarang.

    Salam, πŸ™‚

Leave a Reply

