beliau tersenyum

Beliau adalah sosok yang kuat, sebut saja namanya ibu sumi.

Kami bertemu di selasar stasiun tugu, ketika menunggu kereta yang akan membawa saya kembali ke jkt.

Dari obrolan, saya mengetahui bahwa ibu sumi berasal dari blitar. Datang ke jogja dengan tujuan untuk tirakatan di daerah kota gede dan mencari sanak saudara yang kebetulan tinggal di kotagede. Tapi sayang, saudara yg dicari tak kunjung ditemukan, karena sudah pindah rumah.

Ibu sumi bercerita, bahwa tanggal 10 Nov kemarin rumahnya serta beberapa rumah yang lain, habis dilalap api. Penyebabnya, kompor dirumah tetangganya meledak.

Datang sendiri dari blitar, tanpa uang sepeser pun, hanya membawa badan.. Saya melihat ada tas kresek berisi baju yang ternyata di kasih orang ketika ibu sumi bermalam di salah satu masjid di kotagede.. Untuk biaya kereta blitar-jogja-blitar, ibu sumi harus minta surat jalan terlebih dahulu ke kntr polisi, agar terbebaskan dari biaya kereta.

“supir angkotnya baik2 mba, saya ndak usah bayar, malah di kasih uang untuk beli makan”

Tidak terpancar sedikitpun kesedihan dari raut wajah ibu sumi ketika menceritakan ini kepada saya, beliau selalu tersenyum. Tapi saya tau, dari tatapan kosongnya mengenai beban yang diemban.

Ibu, teriring doa tulus » semoga selalu sehat, diberikan rejeki lebih agar bisa membangun rumah kembali dan bisa berjualan lagi.. Tetap tegar dan selalu bersemangat ya bu ..

ini sebenarnya tulisan sudah lama ada di draft dan saya baru nyadar ketika lagi bersih-bersih file.. kebetulan banget momentnya tepat dengan Hari Ibu yang jatuh besok, 22 Desember 2011

*semoga sampai detik ini ibu sehat-sehat ya

Leave a Reply

