Saya benci perpisahan, tapi,,,,

Beberapa bulan sebelumnya “kak, aku pindah kerja ke Balikpapan, aku keterima kerja disana”.. itu sms dari teman saya, tepatnya junior semasa kuliah dulu. Kami berteman baik, sudah seperti kakak adik. Sempat kerja di satu perusahaan di Jakarta.

Awal bulan kemarin , mengalami hal yang sama “mak kapan ke jogja?? Aku mau balek ke Pontianak. Mau ketemu mamakku dulu sebelum balek” .. itu sms dari teman dijogja. Beberapa tahun mencoba mencari pekerjaan di jogja bahkan Jakarta tapi belum mendapatkan yang sesuai, hingga memutuskan untuk kembali ke kampung halaman, membuat usaha sendiri. Panggilan sayang mereka untuk saya adalah “emak”.

“mba, kalau jadi aku bakalan pindah ikut suami ke jambi” .. itu sms yang saya terima kemarin sore dari seorang teman. Teman yang belum ada 2tahun saya kenal tapi kami bisa saling memahami satu sama lain dengan cara kami. Campur campur rasanya baca sms itu.

Egois memang kalau saya melarang mereka pergi dengan alasan “temenku siapa disini kalau mereka pergi”. Toh saya juga jarang balik ke jogja, toh kami yang sesama tinggal dijakarta dalam sebulan hanya 1 atau 2 kali bertemu. Tapi ntah kenapa semuanya pasti membuat saya uring-uringan dan menitikkan air mata.

Betul masih bisa bertemu, ber haha hihi, cerita hal penting sampai tidak penting  di dunia maya. Tapi buat saya berat, berat sekali. Serasa ada sesuatu yang hilang.

Sampai pada satu titik “dalam setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Semua kami akhirnya harus memilih jalan hidup masing-masing. Untuk meraih tujuan yang kami inginkan, seperti halnya saya ketika memutuskan untuk meninggalkan zona nyaman dan mencoba peruntungan di kota metropolitan ini”

Sekali lagi jarak, kamu hadir diantara persahabatan yang indah ini.. kamu adalah penentu seberapa kuat hubungan ini  akan berjalan..

Saya benci perpisahan, tapi hidup adalah pilihan.. jarak bukan akhir dari segalanya #selfnote

Leave a Reply

