Berbisnis online

Beberapa waktu yang lalu di #obsat membahas sukses berjualan via internet, dengan narasumber Daniel Tumiwa, M Rosihan, dan pasangan suami istri agung dan ida yang merupakan pelaku bisnis online. Banyak masukan yang disampaikan, terlihat “itu adalah hal yang biasa dan sudah seharusnya dilakukan” tapi sangat bermanfaat untuk disimak. Terutama buat saya yang juga sedang mnggeluti bisnis online

Bisnis online merupakan bisnis kepercayaan,  berikut rangkuman dari #obsat kamis 19 mei 2011 bagaimana membangun dan menjalankan bisnis online berdasarkan pengalaman dari beberapa pelaku bisnis yang menjadi narasumber dan telah meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah.

  1. tampilan dari web / toko online buatlah semenarik mungkin. Tidak hanya asal bikin. Semakin menarik tampilan toko akan menjadi daya tarik tersendiri apalagi ditengah persaingan yang sangat ketat sekarang ini.
  2. foto / gambar produk. Disini juga dibutuhkan satu kreatifitas, bagaimana menjadikan foto produk semenarik mungkin dengan tidak meleset jauh dari produk asli.
  3. sediakan 1 pages yang berisi informasi lengkap mengenai toko online yang bisa dipertanggung jawabkan. Seperti alamat, dan nomor telp. Akan labih bagus lagi jika bisa menampilkan foto fisik dari toko offline (jika ada)
  4. jam operational. Hal ini sangat perlu untuk diinformasikan kepada customer untuk mengantisipasi adanya pesanan diluar jam umum (tengah malam misalnya). Berkaitan dengan penginformasian jam operational, perlu adanya Team Sales.
  5. Team Sales ini yang bertugas untuk melayani pesanan, memberikan informasi seputar produk, complain dari pelanggan, packing hingga pengiriman pesanan.
  6. Shipping / pengiriman. Tidak banyak orang yang pernah membeli online, ketepatan waktu pesanan sampai ke customer sangat perlu untuk diperhatikan. Sebaiknya berikan jeda waktu beberapa hari dari waktu yang dijanjikan oleh ekspedisi.
  7. Guarentee. Berikan guarantee barang bisa dikembalikan apabila ketika tiba dialamat tidak seseuai pesanan / rusak. Terkadang ada saja hal yang luput meskipun sudah dicek ulang sebelum dikirim. Hal ini akan lebih menambah kepercayaan customer pada toko online yang kita jalankan. Bagaimana jika kerusakan akibat pengiriman?? Itu menjadi pe er bagi para pelaku bisnis untuk bisa mencari ekspedisi yang bisa memberikan jaminan barang kiriman kita sampai dengan selamat.
  8. Beriklan. Hal ini tentunya harus dilakukan tidak perlu toko online, toko fisikpun harus melakukan jika ingin produk dan tokonya dikenal orang. apalagi dengan adanya jejaring sosial yang sangat baik jika dipergunakan sesuai dengan porsinya untuk menarik pelanggan untuk berkunjung ke toko kita.

Jangan takut jika produk yang dipasarkan tidak laku, karena pengetahuan mengenai online sudah semakin berkembang. selama produk kita berkualitas, tepat sasaran, bisa memberikan kenyamanan dan kepercayaan customer, insya allah keuntungan menanti didepan mata #self note

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s