Jakarta itu hebat

Bukan hal yang aneh lagi, Jakarta yang sedemikian semrawut tetap jadi idaman bagi sebagian atau bisa jadi banyak orang untuk dijadikan lahan untuk membuat kompor di rumah tetap ngebul. Dengan semua peluang yang disajikan, peluang usaha, peluang mendapatkan pekerjaan, peluang untuk bisa gabung disatu komunitas yang berisi orang2 hebat, peluang mendapatkan hal2 baru, dan banyak peluang2 lainnya, pun peluang untuk menjadi orang jahad sangat tersedia disini. Yang memang tidak hanya di Jakarta saja kita bisa mendapatkan banyak hal tersebut diatas. Tapi entah kenapa, Jakarta semacam punya magnet tersendiri.

Kalau di saya, bekerja di Jakarta adalah pilihan yang saya ambil, setelah sebelumnya sempat kerja di kota gudeg. Kalau kata kakak saya “adek lebih bisa berkembang dijakarta” . Dan benar saja, banyak perkembangan yang saya dapatkan setelah hampir 3tahun menjebakkan diri dikota metropolitan ini.

Tenggak waktu 3 tahun, sudah banyak perubahan dalam diri saya pribadi. Jakarta sudah mempertemukan dengan banyak hal yang bisa membuat saya down dalam waktu lama, banyak menangis, blank, kehilangan semangad. Jakarta sempat menjadikan saya manja, tidak pede. Mendadak panik kalau ada kejadian yang diluar dugaan. Seperti bukan diri saya sendiri

kata seorang temen “kamu itu bisa nangis to nik, bisa down juga, bisa punya masalah?”

Kalo inget kata2 itu, saya sering senyam senyum sendiri. Saya yang sebelum dijakarta adalah perempuan yang santai ketika ada masalah, pun itu masalah yang cukup menyita pikiran, saya bisa tenang karena setiap masalah pasti ada jalan keluar. tidak pernah membiarkan orang tau jika saya ada masalah. Yang mereka tau, saya selalu cerah ceria seperti tidak pernah mendapatkan masalah. Semua rasa yang saya dapatkan ketika saya mendapat masalah saya simpan dan selesaikan sendiri. Dan saya hanya menangis di kamar, keluar kamar saya harus tersenyum, pun masalah yang saya dapatkan itu belum selesai. Saya rapuh, tapi hanya orang2 tertentu yang mengetahui, orang lain taunya saya itu yaa orang yang tanpa beban. Aah Jakarta membuat saya lebih bisa menjadi diri sendiri dan melepas topeng yang selalu saya pakai untuk menjaga sesuatu yang saya sebut sebagai “image” .

Jakarta menjadikan saya lebih sabar dalam banyak hal. Jakarta menjadikan saya lebih bisa mengerti dan memahami karakter orang. Jakarta sudah mempertemukan saya dengan orang2 hebat yang tidak pernah terpikirkan bisa ketemu. Jakarta sudah membuat pola pikir saya berkembang. Jakarta sudah membuat saya lebih berhati-hati dalam banyak hal. Jakarta sudah mempertemukan saya dengan para pacal dan teman2 yang banyak memberikan hal2 positif. Banyak ilmu, banyak hal baru yang saya temui disini.

Tidak udah bicara macet, karena kalau macet bukan Jakarta namanya. Tidak usah bicara jarak, namanya juga Jakarta yaa jelas kemana2 itu jauh. Tidak usah bicara tindak kejahatan, wong kejahatan itu bisa terjadi dimana aja. Tidak usah bicara banjir, demo, anak jalanan, pengamen endebleng endebleng lainnya. Situ sudah memutuskan untuk tinggal di Jakarta kan?? Ya sudah terima saja apa adanya, kalaupun mau ada yg dirubah yuuuk setidaknya merubah diri sendiri dulu. Mau membantu sesama?? ayo bareng-bareng cari jalan keluar apa yang kira2 bisa dilakukan. Tidak perlu berkoar2 atau mencaci maki pemerintah, kalo ada yang bisa kita lakukan kenapa ndak kita lakukan saja dengan teman-teman yang mempunyai visi dan misi yang sama.

dan saya sudah tidak sabar menanti hal seru apa lagi yang akan saya dapatkan di kota yang saya sebut dengan “jekarda” ini.

Buat saya Jakarta itu hebat, gimana dengan kamu??

gambar dari sini

One thought on “Jakarta itu hebat

Leave a Reply

