mengenai #SLBMarsudiPutra, bantul

Sebelumnya sudah ditulis mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan di #SLBMarsudiPutra yaitu #BERBAGI cinta bersama anak bangsa dan HEAVEN itu . Mengenai alasannya juga ada ditulisan tersebut. Kali ini saya akan menggambarkan suasana di #SLBMarsudiPutra

Berada di Wijirejo, Pandak, Bantul dan mempunyai siswa sekitar 120 anak. Menempati gedung yang merupakan bantuan NGO  (salah satu LSM di Belanda) pada tahun 1990an dan masih dirawat secara swadaya oleh masyarakat disana. Hingga sekarang masih kokoh berdiri.

120 siswa disana terdiri dari :

  • tunarungu 21 org
  • tunagrahita ringan 45 org
  • tunagrahita sedang 37 org
  • tuna daksa 3 org
  • tuna daksa sedang 2 org
  • autisme 11 org

Yang kesemuanya tersebar dari TK hingga SMA.

Berdasarkan data yang didapatkan dari pihak sekolah , rata-rata berasal  kurang mampu (petani & buruh).  Untuk sekolah mereka tidak dipungut biaya, namun ada inisiatif dari beberapa orang tua secara sukarela menyumbangkan dana sebesar Rp. 5.000 per bulan. Operational sehari-hari sekolah tersebut mendapatkan bantuan dari satu yayasan disana yang jumlahnya pun tidak bisa dibilang banyak ataupun mencukupi.

Tenaga pengajar di #SLBMarsudiPutra sendiri ada 22 orang, yang mana 8 orang diantaranya adalah tenaga honorer . Dengan kebesaran hati serta keikhlasan luar biasa, bersedia mengajar walapun dengan honor yang bisa dibilang sangat kecil.

Prinsip pengajaran di #SLBMarsudiPutra adalah lebih pada menjadikan anak-anak itu lebih mandiri. Dibimbing mandi sendiri, menggunakan baju sendiri, namun rata-rata  siswanya secara intelegensi rendah. Hasil testnya sangat rendah-dibanding sekolah-sekolah serupa. Itu yang menyebabkan siswa disana jarang sekali yang mempunyai bakat istimewa (seperti nari, nyanyi atau baca puisi).

Hasil obrolan dengan pihak sekolah, #SLBMarsudiPutra  masih sangat kekurangan untuk :

  • bangku warna-warni untuk anak autis di taman kanak-kanak. Mereka baru punya 2 buah.
  • bola keseimbangan, mereka malah tidak punya sama sekali.
  • tongkat kruk, mereka punya 1 buah dan siswa yang butuh ada 5 orang.
  • kursi roda
  • permainan edukatif
  • video pembelajaran
  • pakaian pantas pakai & alat mandi

Dengan semua keterbatasan yang ada sekolah itu masih berjalan hingga sekarang. pun pantangan makanan untuk anak autis tidak berlaku disana, bisa jadi karena kondisi ekonomi yang sedemikian kurang menjadikan apa yang ada untuk dimakan ya dimakan :(.

Semua informasi ini saya terima dari teman-teman dijogja yang sekarang sedang melakukan kegiatan disekolah tersebut *next posting yah 🙂.  Tidak perlu ada disana untuk bisa merasakan semua keterbatasan sarana dan prasarana untuk menunjang pendidikan yang seharusny bisa lebih layak mereka terima. Betapa mereka sangat membutuhkan uluran tangan kita. Tidak perlu dalam jumlah besar atau banyak, karena sekecil apapun akan sangat bermanfaat untuk mereka. Seperti krayon dan buku bergambar, karena mereka sangat menyukai kegiatan menggambar dan mewarnai.

Kami team kecil ini berusaha sekuat tenaga untuk memberikan apa yang bisa kami berikan untuk mereka, namun kami tidak akan bisa tanpa bantuan dari teman-teman semua. Mereka disana masih sangat butuh untuk dibantu. Terlihat dari list yang diberikan dari pihak sekolah. Tidaklah perlu menunggu action dari pemerintah jika kita bisa membantu kenapa tidak? 🙂

Jika teman-teman bersedia untuk membantu, apapun itu peluang masih sangat terbuka lebar .

Drop off Mainan, buku maupun pakaian silahkan dikirimkan ke alamat dibawah ini

  1. Saya / Nunik (085228919293 ) : PT. Mahkotadewa Indonesia, Jl. Gaharu AA-1, Kompleks Nyiur Melambai II, Rawa Badak utara,Koja, Jakarta Utara – 14320
  2. Yuyuk (081802505270) :Untuk daerah jakarta selatan silahkan sms terlebih dahulu.
  3. Titutismail  (081241886644) : Untuk wilayah surabaya
  4. Yuni Purnomo (081 215 75519) : Himover Company d/a. JL. Tambak Wedi 23 Blok 4 Joho, Condong Catur Jogjakarta
  5. Sastro (087839234700) : Sheila Corner L.I.S  d/a Jl.  Tantular (Jembatan Merah) no. 55 Gejayan Jogjakarta
  • Sedangkan untuk donasi uang bisa dikirimkan ke rekening :                  An. Nunik Rahmawati

BCA: 4564815545 atau Mandiri: 1370006672360

Kadang secara tidak sadar kita menyepelekan mereka yg berkebutuhan khusus. Kalo percaya manusia itu setara, yakinlah mereka punya kemampuan by @fikrie

Advertisements

3 thoughts on “mengenai #SLBMarsudiPutra, bantul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s