Kenangan jelang lebaran,,,

Bingung kalau mau dijabarkan satu persatu, karena pastinya banyak kenangan ketika beliau masih ada. Ya ayah saya meninggal 11 tahun 6 bulan kurang 6 hari yang lalu, tepatnya 21 april 1999.

Hal rutin yang selalu dilakukan beliau 1-2 hari jelang lebaran idul adha atau idul fitri adalah mencuci mobil kesayangannya Land Rover warna hijau *emang ada gtu warna Land Rover selain hijau? #ngikik. Sehari-hari mobil itu jarang dipake, karena Sumbawa adalah kota kecil jadi dekat kalau mau kemana-mana. Lebih praktis naik motor. Terlebih lagi Land Rover itu kan panjang & gendut, ribet kalau harus sering keluar masuk garasi & gang  komplek rumah yang cukup untuk 1 mobil saja. Makin kesini itu mobil hanya keluar setahun 2 kali pas idul adha & idul fitri. Waktu itu saya ataupun kakak saya tidak diperbolehkan belajar mobil dengan alasan “biar ndak seenaknya minjem mobil orang lain, ntar kalo nabrak biaya gantinya malah bisa dipake untuk beli 1 mobil baru” alasan yang sangat masuk akal di otak kami anak2 gadisnya pada waktu itu.

Ketika beliau masih ada, kami sekeluarga selalu shalat ied dilapangan pahlawan, dengan sebelumnya jemput sepupu & keponakan –selalu-.  Setelah shalat ied, pulang kerumah makan opor rame-rame. Kerasa banget suasananya lebarannya.  Hal yang paling saya ingat disetiap lebaran idul adha ataupun idul fitri adalah waktu bikin lontong. Ibu saya selalu bikin lontong sendiri, bikinnya selalu pas malam takbiran setelah masak opor & sambal goreng ati, bikin serundeng, goreng emping belinjo plus bawang goreng -makanan wajib ada setiap lebaran. Ayah saya kebagian jaga lontong yg sedang direbus, semacam aturan tidak tertulis. Mengeluh?? Ndak pernah, beliau ndak pernah mengeluh. Palingan lontongnya mendadak benyek karena kelamaan direbus akibat beliau ketiduran xixixi.

Hal yang kelihatannya sangat simple tapi selalu bikin saya  masih menitikkan air mata  setiap mendengar takbir.

Banyak cerita sebenarnya yang jika saya tulis disini pasti akan buat saya nangis. Bukan karena tidak ikhlas melepas kepergian beliau, tapi itulah kelemahan saya #pengakuan. Yang jelas buat saya seorang wakino hidayat adalah sosok  ayah sangat mencintai keluarganya dengan caranya sendiri.

Miss u dad

6 thoughts on “Kenangan jelang lebaran,,,

Leave a Reply

